Jawa Pos

BCA Syariah Dukung Pertumbuha­n Wirausaha

Untuk Turut Ciptakan Lapangan Pekerjaan

-

PASURUAN – Pengembang­an wirausaha merupakan salah satu faktor pendorong pertumbuha­n ekonomi nasional. Pertumbuha­n wirausaha juga dapat menciptaka­n dan mengembang­kan kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan. Untuk itu, sudah sepantasny­a upaya peningkata­n wirausaha Indonesia mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Dewasa ini, perhatian dari pemerintah dan beberapa lembaga untuk mengembang­kan wirausaha Indonesia cukup besar, baik melalui berbagai program pelatihan, fasilitasi ke pasar, maupun program apresiasi atau award bagi para pelaku wirausaha. Dukungan tersebut diharapkan bisa meningkatk­an motivasi dan daya saing pelaku wirausaha Indonesia.

Pada Senin, 27 April 2015, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyerahka­n bantuan kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, melalui anak perusahaan­nya, BCA Syariah. Bantuan diserahkan Wakil Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih kepada Ketua Pengurus LAZ Sidogiri sekaligus Ketua Baitul Maal wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu (BMTUGT) Sidogiri Mahmud Ali Zain, disaksikan Direktur BCA Suwignyo Budiman.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan salah satu upaya BCA dalam menghadirk­an berbagai solusi perbankan bagi nasabah. Selain itu, bantuan diberikan BCA Syariah untuk mendukung program pemberdaya­an masyarakat melalui pembiayaan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

John Kosasih mengatakan, bantuan yang diberikan BCA Syariah kepada LAZ Sidogiri adalah wujud komitmen untuk mendukung pendidikan, kewirausah­aan, dan kesehatan. ”Bantuan ini merupakan dukungan kami kepada LAZ Sidogiri untuk dapat mengembang­kan wirausahaw­an di bawah binaan LAZ Sidogiri. Kami berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memaksimal­kan potensi-potensi wirausaha binaan LAZ Sidogiri,” ujarnya.

Hal senada disampaika­n Direktur BCA Suwignyo Budiman. ”Sejalan dengan semangat BCA untuk mendukung peningkata­n kuantitas dan kualitas wirausaha di Indonesia, kami mendorong dan mendukung upaya perusahaan anak, seperti BCA Syariah, untuk memberikan dukungan kepada pihak-pihak yang juga memiliki visi yang sama, salah satunya LAZ Sidogiri. Bantuan yang diberikan ini merupakan bukti nyata akan komitmen tersebut,” tuturnya.

Semakin berkembang­nya wirausaha di Indonesia diharapkan bisa turut men- ciptakan dan memperluas kesempatan kerja. Dalam jangka panjang, hal tersebut diharapkan bisa meningkatk­an kesejahter­aan masyarakat.

Sementara itu, LAZ Sidogiri menyambut baik bantuan yang diberikan BCA Syariah. Bantuan tersebut memiliki arti positif, khususnya dalam mendukung beberapa program yang dikembangk­an dan dilaksanak­an saat ini.

BCA Syariah telah menjalin kerja sama dengan BMT-UGT Sidogiri sejak beberapa tahun lalu. Pada 2013, BCA Syariah memberikan fasilitas pembiayaan line facility PMK Musyarakah atau executing ( revolving) sebesar Rp 30 miliar.

Untuk meningkatk­an kerja sama tersebut, tahun ini BCA Syariah menambahka­n nilai kerja sama sebesar Rp20 miliar. Dana tersebut digunakan untuk penyaluran pembiayaan kepada anggota atau calon anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT-UGT Sidogiri. Selain itu, dana digunakan sebagai tambahan modal pengembang­an unit-unit usaha yang dijalankan KJKS BMT-UGT Sidogiri dengan jangka waktu pembiayaan maksimal 36 bulan.

”Fasilitas pembiayaan kepada Koperasi BMT-UGT Sidogiri maupun bantuan yang diberikan kepada LAZ Sidogiri kami harapkan dapat mendukung pengembang­an wirausaha di wilayah Sidogiri,” kata John. (ran/adv)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia