Jawa Pos

Jatah Hak Siar Dipotong, Hentikan Liga

-

MADRID – Penghentia­n kompetisi sepak bola dengan dalih intervensi pemerintah tidak hanya terjadi di Indonesia. Kemarin (7/5) Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan menghentik­an seluruh kompetisi domestik mulai 16 Mei nanti.

Sebagaiman­a dilansir Reuters, keputusan tersebut dilakukan lantaran konflik RFEF dengan pemerintah mengenai pemerataan hak siar La Liga. Dalam regulasi baru yang tinggal menunggu pengesahan parlemen, hak siar La Liga mulai 2016 dijual secara kolektif.

Selama ini, hal itu dilakukan masing- masing klub yang pada akhirnya sangat menguntung­kan dua raksasa Negeri Matador tersebut, Barcelona dan Real Madrid. Kedua klub mengantong­i sepertiga dari keseluruha­n uang yang dibelanjak­an broadcaste­r untuk membeli hak tayang.

Nah, yang dipermasal­ahkan RFEF, berdasar aturan baru itu, RFEF hanya mengantong­i 4,55 persen dari keseluruha­n uang hasil penjualan hak tayang. Mereka menganggap jumlah itu tidak cukup.

Padahal, setelah 16 Mei, Primera Division masih menyisakan dua laga. Pada 30 Mei, juga akan dihelat final Copa del Rey antara Barcelona dan Athletic Bilbao.

Dalam rilisnya di situs resmi federasi, RFEF menuduh UU siaran langsung yang baru disahkan pemerintah Spanyol itu tidak bisa menyelesai­kan persoalan yang terjadi dalam persepakbo­laan negeri tersebut. ’’Pemerintah tak pernah mendapat informasi dan fakta yang cukup tentang aturan hak siar televisi,’’ tulis RFEF dalam pernyataan sikap seperti dikutip

Sikap RFEF itu dikecam Kementeria­n Olahraga Spanyol. ’’Apa yang dilakukan RFEF adalah penghinaan kepada demokrasi,’’ kata Menteri Olahraga Spanyol Miguel Cardenal. (wam/c23/ttg)

 ??  ??
 ?? REUTERS/MAX ROSSI ?? Reuters. POLEMIK: Para pemain Real Madrid di Stadion Juventus, Turin (4/5). Real dan Barcelona selama ini mendominas­i pembagian uang hak siar televisi di La Liga.
REUTERS/MAX ROSSI Reuters. POLEMIK: Para pemain Real Madrid di Stadion Juventus, Turin (4/5). Real dan Barcelona selama ini mendominas­i pembagian uang hak siar televisi di La Liga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia