Jawa Pos

Depay Datang, Di Maria Terancam

Pemain Belanda Ke-10 di United

-

MANCHESTER – Baik di klub maupun tim nasional, Memphis Depay lebih memilih menuliskan nama depan (Memphis) ketimbang nama keluarga (Depay) di punggung kostum yang dikenakan. Pilihan tak lazim di persepakbo­laan Belanda dan Eropa itu ternyata berakar pada kepahitan di dalam keluarga.

Ayahnya yang berasal dari Ghana dan sang ibu yang berkebangs­aan Belanda bercerai ketika Depay baru berusia empat tahun. Sejak itu, pemain yang kemarin (7/5) diumumkan akan pindah dari PSV Eindhoven ke Manchester United dengan transfer diperkirak­an mencapai 22 juta pounds (Rp 440,2 miliar) tersebut tinggal bersama sang ibu.

Jadi, menuliskan nama Memphis dan bukan Depay di punggung adalah bentuk ’’kemarahan’’ Depay karena absennya figur ayah. Untung, kemarahan itu tak sampai membuat karirnya di sepak bola terganggu.

Bergabung dengan Akademi PSV di usia 12 tahun dan mencatat debut bersama skuad senior di sebuah laga Piala KNVB pada September 2011, pemain yang biasa beroperasi sebagai winger atau penyerang sayap kiri itu baru meneken kontrak profesiona­l pada 2012. Tapi, hanya dalam kurun tiga tahun sesudahnya, pemain kelahiran Moordrecht, 13 Februari 2004, tersebut terus memperliha­tkan peningkata­n yang pesat.

Pada musim ini, Depay tak hanya mengantark­an PSV menjuarai Eredivisie Belanda, tapi sekaligus men- jadi top scorer dengan 21 gol.

’’Kami memang akan kehilangan pemain fantastis yang sangat penting artinya bagi tim. Tapi, kami gembira dia akan pindah ke klub luar biasa di liga yang sangat berkualita­s,’’ kata Marcel Brands, direktur olahraga PSV, di situs resmi klub.

Kepindahan Depay ke United masih harus dilengkapi dengan tes medis. Jika lolos, dia resmi menjadi pemain ke-10 asal Belanda yang pernah membela rival sekota Manchester City tersebut.

”Bagi saya, Manchester United adalah klub impian. Jadi, saya tak perlu diyakinkan teman-teman (asal Belanda) yang ada di sana untuk bergabung dengan Manchester United,” kata Depay seperti dikutip The Independen­t.

Di United yang ditangani Van Gaal, mantan pelatihnya di timnas, Depay diperkirak­an tak sulit menembus first team. United memang punya banyak stok di sektor sayap, tapi jarang yang bisa tampil konsisten sepanjang musim ini. Termasuk pemain termahal mereka, Angel Di Maria, yang belakangan performany­a semakin melorot. Tak heran, kedatangan Depay memunculka­n kabar bahwa Di Maria bakal dilepas ke PSG yang dirumorkan berminat. (c19/ttg)

 ??  ?? Jordi Cruyff
Jordi Cruyff

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia