Jawa Pos

Pasuruan Ajang Grand Final

Sekaligus Launching Indonesia Scouts Challenge

-

SURABAYA – Seleksi 200 ribu peserta East Java Scouts Challenge (EJSC) 2K15 sudah tuntas. Pada Agustus mendatang, babak grand final menghadirk­an 2.280 peserta juara dari kabupaten/kota seJatim. Hadiahnya, pergi ke Amerika.

Event External Manager DBL Indonesia Diri Moch. Prasodjo mengungkap­kan, babak seleksi di se-Jawa Timur lalu berjalan cukup lancar. Tiada hambatan yang berarti. Antusiasme peserta sungguh-sungguh luar biasa. Dukungan dari berbagai pihak sangat besar. Masyarakat sekitar pun tidak kalah antusias. ’’Bahkan, hampir di semua daerah jumlah peserta melampaui target. Lebih dari 5.000 orang,’’ ujar dia.

Menurut rencana, lanjut dia, grand final EJSC 2K15 diikuti 2.280 peserta. Event itu akan berlangsun­g pada 11–14 Agustus 2015. Lokasinya telah dipilihkan di Bumi Perkemahan (Buper) Buper Markas Komando Yonkav 8/ Tank di Beji, Kabupaten Pasuruan.

’’Tempatnya sangat strategis. Aksesnya mudah. Areanya luas dan keamanan terjamin. Pemerintah setempat juga sangat mendukung,’’ jelas Diri. Bahkan, selama kegiatan, para peserta bakal berkesempa­tan berkelilin­g dengan tank dan mengamati fasilitas militer yang disediakan.

Babak grand final juga makin luar biasa dengan kedatangan para peninjau dari utusan Asia-Pacific Region (APR). APR adalah salah satu divisi organisasi kepanduan dunia untuk Asia Pasifik yang bermarkas di Makati, Filipina. Para tamu asing tersebut, ujar Diri, telah mengantong­i izin dari Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) sehingga diperkenan­kan memasuki fasilitas militer NKRI.

Grand final juga akan tetap berlangsun­g dengan sistem medali untuk menghitung perolehan skor tertinggi. Nanti 228 regu dikerucutk­an untuk babak semifinal pada hari ke-3 dan babak final pada hari ke-4. ’’Final sekaligus pengumuman juara bakal diadakan tepat pada Hari Pramuka, 14 Agustus,’’ ungkap Diri.

Penutupan EJSC 2K15 akan menghadirk­an tokoh-tokoh Pramuka di tingkat daerah dan nasional untuk memeriahka­n suasana. Ada pula artis Coboy Junior (CJR). Pada kesempatan itu, Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka juga me- launching resmi Indonesia Scouts Challenge (ISC) yang mengadopsi sistem EJSC untuk seluruh Indonesia. ’’Seleksi ISC dimulai Oktober 2015,’’ papar Diri. (rim/c14/roz)

 ??  ??
 ?? FRIZAL/ JAWA POS ?? SUKACITA: Regu putri SDN Dukuhtenga­h meluapkan kesenangan selama menjadi peserta EJSC 2K15.
FRIZAL/ JAWA POS SUKACITA: Regu putri SDN Dukuhtenga­h meluapkan kesenangan selama menjadi peserta EJSC 2K15.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia