Jawa Pos

Hamilton Melawan Diri Sendiri

Tegaskan Rosberg dan Vettel Bukan Masalah Besar

-

BARCELONA – Tampaknya, tidak ada lawan yang sebanding dengan pembalap Mercedes Lewis Hamilton di Formula 1 saat ini. Faktanya, setelah gagal finis pada GP Belgia tahun lalu, dia memenangi 9 di antara 11 balapan.

Musim ini, dari empat balapan, Hamilton tiga kali menang. Performany­a nyaris tidak tertanding­i, bahkan oleh Nico Rosberg yang merupakan rekan setimnya. Kini dia memimpin klasemen pembalap dengan 93 poin dan unggul 27 poin atas Rosberg.

Kemudian, pembalap Ferrari Sebastian Vettel yang sempat mencuri satu kemenangan di GP Malaysia berada di peringkat ketiga dengan selisih 28 poin dari Hamilton. Jaraknya sejatinya tidak begitu lebar, tetapi Hamilton sudah menyatakan bahwa lawannya musim ini adalah diri sendiri.

’’Aku tidak m e lihat i tu (musuh eksternal). Semua orang berbicara tentang faktor psikologis, tapi satu-satunya pertarunga­n psikologis yang aku rasakan adalah di dalam diriku sendiri. Lawan terburukmu bisa jadi dirimu sendiri. Jadi, kau bertarung melawan musuh tidak terlihat yang sangat tangguh,’’ ungkap pembalap asal Stevenage, Inggris, tersebut sebagaiman­a dilansir Autosport.

Menjelang balapan di Barcelona akhir pekan ini, Hamilton menyatakan siap melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab, apabila gagal, dampaknya akan buruk.

Sesi kualifikas­i, tidak diragukan lagi, telah menjadi faktor utama dominasi Hamilton musim ini. Tiga kemenangan dan sekali runner-up diawali dari start di grid terdepan. Di Barcelona, Hamilton melihat hasil kualifikas­i akan sangat menentukan balapan.

Rival utamanya, Nico Rosberg, menyatakan, salah satu kelemahann­ya saat ini adalah sulit merebut pole position. Itu berbeda dengan musim lalu saat pembalap Jerman tersebut lebih perkasa jika dibandingk­an dengan Hamilton dalam perebutan tempat terdepan di itu.

Rosberg merebut 11 dari 19 seri balapan musim lalu dan hanya lima kali menang. Sementara itu, Hamilton hanya meraih tujuh kali dan menjadi juara dunia. Dengan posisi start lebih baik saja Rosberg gagal bertarung merebut juara, apalagi hanya memulai lomba dari belakang Hamilton. (cak/c19/ham)

 ??  ?? grid
pole
pole SULIT DIKEJAR: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton masih mendominas­i pada
awal musim ini.
grid pole pole SULIT DIKEJAR: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton masih mendominas­i pada awal musim ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia