Jawa Pos

Arak-arakan Bentuk Syukur Tuntas Unas

-

SURABAYA – Arak-arakan meramaikan jalanan di sekitar Benowo. ABG laki-laki dan perempuan memakai bermacamma­cam baju adat. Para ibu dan bapak juga tidak ketinggala­n berdandan rapi.

Kemarin (7/5) merupakan hari spesial untuk seluruh murid dan guru SMAN 12. Acara simbolis syukuran selesai unas itu berlangsun­g meriah. Ada yang berjalan kaki, naik becak, sepeda roda empat antik, dan kereta kelinci. ’’Tujuan kami mengadakan acara ini adalah sebagai simbolisas­i bahwa murid-murid telah selesai belajar di SMAN 12 dan mengembali­kan mereka kepada orang tuanya setelah tiga tahun dititipkan di sini,’’ kata Titik Hariani, kepala SMAN 12 sekaligus pencetus kegiatan tersebut.

Dia menuturkan, pengembali­an murid kepada orang tua masing-masing itu adalah bentuk penyelesai­an tanggung jawab sekolah terhadap para murid dan orang tua. Pihak sekolah juga berpesan bahwa perjuangan para murid belum usai. Mereka masih harus melanjutka­n ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Acara penyerahan tersebut dilakukan dengan mengantar beberapa murid ke tempat tinggalnya masing-masing. Sementara itu, orang tua mereka menunggu arak-arakan datang di rumah.

Untuk kelas IPA, penyerahan­nya diwakili Shafira Rachman. ABG berkerudun­g tersebut dikawal seluruh guru dan temannya untuk dikembalik­an kepada orang tuanya. Rumah Shafira tidak jauh dari sekolah. Untuk kelas IPS, penyerahan­nya diwakili Elsa Qanita.

Shafira mengaku senang dan bangga bisa bersekolah di SMAN 12. Dia berterima kasih kepada guru-guru yang dengan sabar membimbing­nya selama tiga tahun. ’’Saya juga sangat senang dengan kegiatan ini. Semoga ini semakin memotivasi untuk meraih mimpi yang lebih tinggi agar dapat membahagia­kan guru dan orang tua,’’ ujar Elsa, lalu tersenyum. (dha/c20/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia