Jawa Pos

Yakin Sukses seperti Pilpres

Koalisi Pilbup PKB-PDIP Solid

-

GRESIK – PKB dan PDIP Gresik makin solid. Menjelang perhelatan Pemilihan Bupati (Pilbup) Desember 2015, dua parpol tersebut resmi mendeklara­sikan koalisi kemarin (7/5). Kesuksesan mengusung Bupati Robbach Ma’sum dan mengantar Jokowi menjadi presiden merupakan bahwa fakta keduanya sangat kuat. Itu bukti.

Deklarasi berlangsun­g di sebuah rumah makan di Jalan Wahidin. Sebagian besar petinggi partai di tingkat cabang hadir. Sebut saja Ketua DPC PKB Gresik Jazilul Fawaid dan Ketua DPC PDIP Gresik Siti Muafiyah. Bahkan, Ketua Dewan Syura DPC PKB Gresik KH Robbach Ma’sum juga datang. Termasuk perwakilan DPD PDIP Jatim dan DPW PKB Jatim.

Seakan ingin menunjukka­n kondisi sudah seiya sekata, seluruh kader partai mengenakan seragam kebesaran. Masing-masing hijau dan merah. Petinggi partai pun tidak mau kalah kompak. Masingmasi­ng memakai cincin dengan akik hijau di jari kanan dan merah di jari kiri. Jazilul Fawaid menge- nakan akik hijau di jari manis kanan dan merah di jari manis kiri. Begitu pula Siti Muafiyah.

PKB-PDIP memang mengklaim sudah solid. Namun, dengan alasan strategi, mereka menyimpan rapatrapat siapa bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang akan diusung. Itu masih dibahas. ”Siapa bacabup-bacawabupn­ya bergantung pada kesepakata­n. Kan kami sudah satu keluarga. Yang penting, misi utama kami adalah menang,” ujar Jazilul.

Anggota DPR dari PKB itu menambahka­n, memang persentase suara PKB lebih besar. Jika melihat hitung-hitungan itu, mestinya PKB berhak mendapat posisi bacabup. ” Tapi, itu tidak berarti cabupnya tidak bisa dari PDIP. Semua bergantung tahapan,” ujarnya.

Tahap-tahap tersebut akan dilalui untuk penjaringa­n kandidat. Mulai survei popularita­s hingga perhitunga­n potensi masing-masing kandidat. ”Itu pun masih bergan- tung pada keputusan DPP partai masing-masing,” jelasnya.

Hingga saat ini, sejumlah figur memang muncul ke permukaan. Ada Jazilul Fawaid sendiri dari PKB. Ada Khusnul Huluq dari PC NU Gresik. Ada pula Siti Muafiyah dan Bambang Suhartono dari PDIP. Bahkan, belakangan disebutseb­ut ada nama baru usul dari DPW PKB Jatim. Siapa dia? ”Nanti saja kita buka,” kata Jazilul.

Hal senada diungkapka­n Siti Muafiyah.” Yang ingin kami bangun komitmen lebih dulu. Jika ada kader atau pengurus yang tidak komit, goodbye (selamat tinggal) saja,” tuturnya.

Siti memastikan koalisi dua partai tersebut benar-benar bulat. Kans menang dalam pilbup Gresik cukup besar. Sebab, jalinan koalisi PKBPDIP sudah sangat kuat. ”Pada 1999 PDIP-PKB sukses mengusung Pak Robbach (Robbach Ma’sum) menang pilbup. Kami juga sukses memenangka­n Jokowi sebagai RI-1 kemarin,” katanya. (ris/c7/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia