Jawa Pos

Dirikan Lini Khusus Skirt

Tiga Perempuan tanpa Background Fashion

-

SURABAYA – Florencia Giovanni Halim, Mona Monita Mondong, dan Ruth Natassia mempunyai passion di dunia Meski tidak pernah mengenyam pendidikan tata busana, ketiganya mau belajar secara otodidak tentang dunia Mereka pun bersatu membuat sebuah lini dengan fokus karya pada rok.

Florencia mengatakan, rok flared kini diminati. Maka, dia dan teman-teman memodifika­sinya. Rok dengan panjang sepaha itu diberi belahan di depan agar terlihat manis. Rok juga diaplikasi­kan dalam banyak warna, diberi pemanis bebatuan, dan ditambah saku di samping. ’’Penambahan saku ini kami rasa penting karena perempuan suka ribet bawaan,’’ papar florencia.

Dia menambahka­n, skirt tersebut bukan hanya untuk penampilan kasual, tapi juga bisa dipadupada­nkan untuk acara formal maupun pesta. Mona mengatakan, mereka juga memproduks­i berbahan kulit. Semua produk dibuat sehingga tidak ada yang sama. ”Karena sangat detail, sehari kami hanya bisa bikin dua rok,’’ ungkap Mona.

Selain leather, bahan yang banyak dipakai adalah duchess dan linen. Modelnya bervariasi. Selain flared, ada rok panjang. Florencia mengatakan, salah seorang pelanggann­ya adalah Julie Taslim. Istri aktor Joe Taslim itu mengenakan flared skirt saat membintang­i iklan produk pengharum pakaian. ’’Kami nggak endorse dia. Kami ketemu juga nggak sengaja. Pas di bazar,’’ ungkap Florencia.

Pembuatan produk itu dapat berjalan lancar meski ketiganya tidak berasal dari dunia fashion. Mereka menyebutny­a fashion-preneur. Florencia mengucapka­n quote ” do what you love and love what you do”. ’’Kami sih penginnya menginspir­asi perempuan lainnya. Bahwa perempuan juga bisa berkarya,’’ ungkap Florencia.

Rupanya, rok yang identik dengan perempuan itu masih mempunyai level lainnya. Florencia mengatakan, perempuan yang aktif sebaiknya mengenakan rok yang mengembang. Model itu akan membebaska­n gerak pemakainya. Untuk tampil feminin, kenakan rok pensil. ”Kalau pengin memberi ilusi kurusan, pakai rok model high waisted yang akan menutupi bentuk perut,” ungkap Florencia.

Sementara itu, Mona memberikan saran tentang padu padan rok dan pilihan atasan. Bila roknya sudah polos, atasan bisa dibikin heboh. Sebaliknya, bila atasan polos, skirt- nya dibikin ramai.

Di luar urusan lini tersebut, mereka punya pekerjaan sendiri. Florencia adalah accounting di sebuah bank dan Mona merupakan financial adviser di perusahaan asuransi. Sementara itu, Ruth adalah ibu rumah tangga yang saat ini berdomisil­i di Jakarta. (cik/c6/ayi)

 ?? ANGGER BONDAN/ JAWA POS ?? fashion.
fashion. skirt
handmade
FLARED SKIRT: Florencia Giovanni Halim (kiri) dan Mona Monita Mondong mengenakan dan memamerkan rok buatan mereka.
ANGGER BONDAN/ JAWA POS fashion. fashion. skirt handmade FLARED SKIRT: Florencia Giovanni Halim (kiri) dan Mona Monita Mondong mengenakan dan memamerkan rok buatan mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia