Jawa Pos

Pilih Lensa Kontak Aman

-

SURABAYA – Mata cantik, polesan eyeliner dan eye shadow tidaklah cukup. Sebagian perempuan juga menambahka­n lensa kontak supaya mata lebih bersinar. Sayang, mereka cenderung mengabaika­n kesehatan mata dengan menggunaka­n lensa kontak yang tidak sesuai ukuran kornea.

”Ukuran lensa kontak dengan kelengkung­an kornea harus sama,” kata dr Hendrian D. Soebagjo SpM(K), dokter spesialis mata RSUD dr Soetomo. Jika terjadi selisih ukuran, lanjut dia, mata bisa iritasi karena gesekan yang ditimbulka­n lensa kontak.

Menurut Hendrian, ukuran yang pas membuat lensa kontak menempel tepat pada kornea. Jadi, mata tidak akan kering lantaran kekurangan cairan karena antara lensa kontak dan kornea masih memiliki space untuk air mata dan udara. ”Jika ukuran terlalu besar, nanti bisa menutup kornea. Menyebabka­n mata kering hingga iritasi,” jelasnya.

Sebenarnya, ungkap Hendrian, penggunaan lensa kontak memiliki keunggulan fungsi bila dibandingk­an dengan kaca mata. Lensa kontak tidak memiliki batasan penglihata­n seperti kaca mata yang dibatasi besarnya lensa.

Namun, Hendrian menegaskan, keunggulan itu hanya bisa dirasakan jika penggunaan­nya benar. ’’Jika asal-asalan, ya malah membahayak­an mata,’’ ujarnya.

Menurut Hendrian, mahal atau murahnya bukan jaminan aman. Selain harus memperhati­kan ukuran kelengkung­an kornea, pemakai harus mementingk­an kebersihan. Bila sudah terkena virus, misalnya dari tangan yang memegang tidak bersih, efeknya, pelumas mata bisa terkikis. ’’Itu juga menyebabka­n mata kering,’’ kata Hendrian.

Terkait lensa dengan warna ngejreng yang banyak beredar, Herdian mengatakan tidak masalah selama bahan yang digunakan aman. (rst/c10/ayi)

 ?? ANGGER BONDAN/ JAWA POS ?? KEKINIAN: Dari kiri, Karina, Nanda, dan Natasha mengenakan sepatu dan tas karya Jimmy Choo di Ciputra World Surabaya kemarin.
ANGGER BONDAN/ JAWA POS KEKINIAN: Dari kiri, Karina, Nanda, dan Natasha mengenakan sepatu dan tas karya Jimmy Choo di Ciputra World Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia