Jawa Pos

Saatnya Invasi ke Luar Negeri

-

JAKARTA – Ketika kompetisi sepak bola di tanah air semakin tidak pasti, bermain di luar negeri menjadi alternatif yang bisa dipilih para pemain Indonesia.

Saat ini ada tiga pemain Indonesia yang bermain di luar negeri dan terbilang sukses. Yakni, Andik Vermansah (Selangor FA/Malaysia), Sergio van Dijk (Suphanburi/Thailand), dan Irfan Bachdim (Consadole Sapporo/Jepang).

Bukan tidak mungkin ada pemain Indonesia lagi yang mengikuti jejak Andik dkk. Salah satunya bintang timnas U-23 Evan Dimas Darmono. Mantan kapten timnas U-19 itu mendapat tawaran bermain bersama Jubilo Iwata (Jepang) dan Brisbane Roars (Australia).

Saat Jawa Pos berkunjung ke Negeri Sembilan, Malaysia, belum lama ini, Manajer Selangor FA Amirudin Shah mengungkap­kan ketertarik­an merekrut lagi pemain Indonesia ke timnya. ’’Abang ada masukan pemain yang dari Indonesia yang seperti Andik?’’ ungkapnya saat itu.

Peluang tersebut harus ditangkap pemain Indonesia. Melihat kondisi sepak bola tanah air yang belum menunjukka­n kabar gembira, para pemain harus berani mengambil keputusan. Misalnya, memilih bermain di luar negeri.

’’Skenario tercepat adalah saat pembukaan transfer window di Thailand, Malaysia, Singapura, atau Jepang. Bagi saya, yang penting berusaha melindungi pemain,’’ ujar Muli Munial, owner Munial Sport Group, agensi yang menaungi Andik.

’’ Peluang nya sekitar 10– 15 pemain yang bisa kami dorong main di luar. Itu pun angka yang sangat optimistis,’’ terangnya.

Sementara itu, pelatih Persija Rahmad Darmawan melihat opsi bermain di luar negeri sangat terbuka buat pemain Indonesia. Menurut dia, kualitas pemain Indonesia tidak kalah saat berkompeti­si di luar negeri. ’’Jadi, pemain yang punya kualitas harus segera mengambil keputusan untuk bermain di luar negeri,’’ tegasnya. (nap/c17/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia