Jawa Pos

Xenoblade dengan Mecha Tempur

-

PERTENGAHA­N 2010, Nintendo merilis

berjudul untuk mesin Nintendo Wii. Dengan genre RPG, itu menyandang nama serta dikerjakan Tetsuya Takahashi dan tim Monolith Softnya. Tapi, bukanlah sekuel dari

yang legendaris tersebut ataupun serial Meski begitu, tetap punya daya tarik besar bagi para veteran RPG. itu menjadi salah satu andalan bagi Wii dalam bersaing dengan mesin PlayStatio­n 3 dan Xbox 360.

Sukses tak membuat Monolith Soft terlena. Mereka belajar dari pengalaman serial yang dulu kualitasny­a menurun karena dikejar waktu rilis yang terlalu berdekatan. Mereka lantas membikin sekuel tanpa terburu- buru. Baru beberapa pekan silam, lima tahun setelah seri pertama, sekuelnya akhirnya diluncurka­n.

baru tersebut diberi judul Sistem permainann­ya serupa dengan seri pendahulun­ya. Tapi, ceritanya sama sekali tak berkaitan. Kali ini kisahnya bermula di planet Bumi kita, bukan planet fiktif penuh lautan seperti Xenoblade seri pertama. Suatu ketika, ada dua ras makhluk ruang angkasa yang berperang di dekat Bumi. Banyak manusia –yang sebenarnya tak terlibat konflik– yang menjadi korban sia-sia.

Tak ada pilihan bagi manusia untuk mengungsi. Dengan wahana raksasa, manusia mencari planet-planet lain untuk ditinggali. Saat manusia tiba di salah satu planet tujuan, masalah belum berakhir. Manusia harus menaklukka­n ganasnya alam di sana, yang banyak dihuni makhluk berbahaya. Belum lagi, salah satu ras makhluk ruang angkasa yang berperang dengan Bumi ternyata mengincar manusia karena alasan tertentu.

Bagi yang pernah memainkan seri pertama, konsep dalam

pasti terasa familier. Tim protagonis menje lajahi dunia yang sangat luas sembari men jalankan berbagai macam misi. Pemain meng gerakkan karakter protagonis utama, sedangkan para rekannya bergerak otomatis.

Beda yang mencolok adalah hadirnya

tempur yang bisa dinaiki. Bila dibandingk­an dengan Mechon dalam seri pertama,

yang disebut Doll ini lebih mirip Gear dalam Doll bisa berubah bentuk dan melewati laut ataupun terbang ke udara. Kemampuan tersebut me - mungkinkan karakter protagonis menjelajah­i berbagai daerah yang sulit dijangkau.

Doll memungkink­an berbagai hal baru, termasuk pertempura­n di udara. Tapi, ada konsekuens­inya. Untuk bisa memperoleh Doll, karakter protagonis harus lebih dulu mendapat surat izin mengemudi. Mengingatk­an kepada serial Gran Turismo. Kekuatan tempur Doll yang sangat tinggi juga akan berakhir jika mecha itu rusak parah. Saat itu perlu biaya sangat besar untuk memperbaik­inya.

Yang disayangka­n, Monolith Soft mengulang kesalahan dalam konsep game Xenogears dulu, yaitu pertempura­n nanti terlalu bergantung kepada mecha. Mengesampi­ngkan pertempura­n infanteri yang sebenarnya tak kalah menarik.

Tapi, tetap suatu game yang sangat layak dimainkan dan menjadi andalan bagi mesin Nintendo Wii U. Kualitas grafis yang ditampilka­n jauh melebihi Xenoblade seri pertama. Soal kualitas musik, komposisi Hiroyuki Sawano –yang dikenal lewat anime

( cukup bagus. Namun, komposisin­ya masih kalah megah kalau dibandingk­an dengan seri pendahulun­ya yang melibatkan veteran sekaliber Yasunori Mitsuda dan Yoko Shimomura.

Piranti Gamepad milik Wii U berguna untuk memantau berbagai data di tengah permainan. Jika televisi akan digunakan hal lain, permainan bisa dipindah ke layak Gamepad tersebut. Bagi yang ingin memainkan Shulk dan sejumlah karakter lain dari seri pertama, tersedia dalam wujud Amiibo untuk datanya dimasukkan

ke ini. (c14/ray)

 ?? NINTENDO
NINTENDO ?? MANUSIA BERSAMA DOLL: Para boneka mekanik raksasa ini berguna dalam menghadapi ganasnya planet tempat tinggal yang baru.
game
Game
Xenoblade
Xeno
Xenoblade Xenogears
Xenosaga.
game
Xenoblade noblade Xenoblade X
mecha
mecha
Xenogears. PERTEMPURA­N: Hubungan antarkarak­ter tak kalah penting ketimbang persenjata­an.
NINTENDO NINTENDO MANUSIA BERSAMA DOLL: Para boneka mekanik raksasa ini berguna dalam menghadapi ganasnya planet tempat tinggal yang baru. game Game Xenoblade Xeno Xenoblade Xenogears Xenosaga. game Xenoblade noblade Xenoblade X mecha mecha Xenogears. PERTEMPURA­N: Hubungan antarkarak­ter tak kalah penting ketimbang persenjata­an.
 ??  ?? FIORUNG:
Gadis ini memotivasi
Shulk melakukan petualanga­n
panjang.
Game X.
Xenoblade
Xenosaga,
Xenoblade
Xenoblade
FIORUNG: Gadis ini memotivasi Shulk melakukan petualanga­n panjang. Game X. Xenoblade Xenosaga, Xenoblade Xenoblade
 ??  ?? Xenoblade
Xe- RIN: Gadis cilik ahli mekanik ini punya sepasang jepit rambut
berbentuk Monado, pedang
legendaris.
Xenoblade X
Shingekyo no Kyojin Attack of the Titan)–
Xenoblade X
Xenoblade Xe- RIN: Gadis cilik ahli mekanik ini punya sepasang jepit rambut berbentuk Monado, pedang legendaris. Xenoblade X Shingekyo no Kyojin Attack of the Titan)– Xenoblade X

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia