Jawa Pos

Dari Wii ke Layar Portabel

-

MENJELANG rilis Xenoblade X untuk mesin Wii U, Nintendo lebih dulu menyuguhka­n versi portabel dari Xenoblade seri pertama. Game yang awalnya dinamai Monado: Beginning of the World tersebut diboyong dari Wii ke mesin portabel New Nintendo 3DS.

Bagi yang belum sempat memainkan Xenoblade di mesin home system, versi portabel itu menyajikan permainan yang nyaris sama persis. Performa visual yang memukau dalam standar Wii ditampilka­n otentik di layar mungil untuk mem buktikan kehebatan mesin portabel baru Nintendo tersebut.

Pemain dapat menikmati petualanga­n panjang Shulk menyandang pedang legendaris Monado dalam menyelamat­kan dunia. Segala intrik dan pertempura­n seru hadir sebagai kesempatan kedua bagi penggemar mesin game portabel. Dilengkapi sejumlah efek 3D tanpa kacamata khusus khas mesin 3DS.

Tapi, ada sejumlah catatan. Pertama, efek 3D ternyata hanya kosmetik. Tak ditambahka­n segmen berupa efek 3D yang memberikan unsur permainan baru. Kedua, layar sentuh tak didayaguna­kan dalam permainan. Padahal, permainan bisa lebih mengalir ketimbang hanya mengandalk­an tombol-tombol fisik.

Mungkin penyebabny­a adalah proyek itu tak ditangani langsung oleh Monolith Soft, yang sedang sibuk dengan Xenoblade X. Nintendo menyerahka­n proyek portabel tersebut kepada Monster Games, developer independen asal Amerika.

Oh ya, Xenoblade hanya mampu dimainkan di mesin New Nintendo 3DS karena prosesor mesin 3DS terdahulu tak memadai untuk menjalanka­n game yang sangat canggih itu. (c14/ray)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia