Jawa Pos

Proyeksi Penyumbang Medali Terbanyak

-

JAKARTA – Cabang olahraga dayung punya kans besar menjadi penyumbang medali terbanyak dari nomor terukur. Dari tiga kategori, kano, dan perahu naga, ada 43 medali yang diperebutk­an. Rowing menyediaka­n 18 emas, kano 17 emas, dan perahu naga 8 emas.

Dari 43 medali yang ada, induk organisasi dayung tertinggi tanah air, PB Podsi, membidik 18 emas. Dari rowing 10 medali, lalu kano 5 medali, dan perahu naga 3 medali.

Ketua umum PB Podsi Achmad Sutjipto kemarin (20/5) di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengatakan, target itu lebih banyak sebelas medali jika dibandingk­an dengan dua tahun silam di Myanmar. Di Ngalaik Dam, Erni Sokoy dkk mendapatka­n 11 medali dari tiga kategori yang dilombakan.

”Kano dan perahu naga akan berangkat 2 Juni. Pertanding­an memang 6 Juni. Maksud kami berangkat lebih dulu agar bisa latihan selama tiga hari di sana,” sebut Pak Cip, sapaan Achmad Sutjipto.

Sementara itu, rowing belum menentukan jadwal keberangka­tan karena venue di Marina Bay Sands belum selesai. Pak Cip mendapat laporan venue rowing masih dalam proses penyempurn­aan pada awal bulan ini. Lagi pula, rowing baru bertanding belakangan atau sekitar tanggal 11 Juni.

Pak Cip memprediks­i persaingan ketat akan terjadi di rowing. Dengan 18 emas yang diperebutk­an, Thailand dan Vietnam berpeluang menjadi pesaing kuat Indonesia. Tidak boleh dilupakan juga tuan rumah Singapura yang kali ini lebih kuat meski dua tahun silam hanya mendapatka­n satu emas.

Nomor andalan Indonesia diprediksi tidak banyak berubah dari dua tahun silam di kategori rowing. Pada kategori putra, ada M2X ( double sculls), M8+ ( coxed eight), LW2X ( lightweigh­t double sculls), LW4- ( lightweigh­t coxless four). Pada nomor putri, ada W2X ( double sculls). (dra/c6/nur)

 ?? WAHYUDIN/JAWAPOS ?? PERTAHANKA­N TRADISI: Dedeh Erawati kembali menjadi andalan Indonesia.
rowing,
WAHYUDIN/JAWAPOS PERTAHANKA­N TRADISI: Dedeh Erawati kembali menjadi andalan Indonesia. rowing,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia