Jawa Pos

Giliran Uran Ketiban Sial

-

1. LEWIS HAMILTON (FORMULA 1)

IMOLA – Hujan yang mengguyur hampir di keseluruha­n lomba memberikan tantangan tambahan bagi para pembalap untuk menyelesai­kan etape kesebelas Giro d’Italia kemarin. Guyuran hujan makin deras di akhir balapan yang berlokasi di Sirkuit Imola.

Salah satu unggulan juara, Rigoberto Uran, mendapatka­n masalah saat menjalani putaran terakhir dari tiga kali putaran di sirkuit tersebut. Leader EtixxQuick­Step itu celaka saat lomba menyisakan 11 kilometer. Meski mampu menyelesai­kan lomba dan menjaga posisi di general

(GC), terlihat luka di beberapa bagian tubuhnya.

Sirkuit Imola yang memiliki nama resmi Autodromo Enzo e Dino Ferrari itu sangat terkenal karena menjadi lokasi kecelakaan yang menewaskan legenda Formula 1 asal Brasil Ayrton Senna pada musim 1994. Guyuran hujan kemarin membuat permukaan lintasan sirkuit jadi licin. Bekas ceceran bahan bakar, oli, serta serpihan karet ban di lintasan juga menambah risiko tergelinci­r.

Roda depan sepeda Uran menyentuh sepeda pembalap lain hingga membuatnya terjatuh. Para pembalap Etixx-QuickStep yang lain segera membantuny­a. Uran pun masih sanggup mengejar peloton dan finis bersama.

Insiden tersebut menyembulk­an keraguan akan kondisi Uran di sisa lomba. Apalagi, beberapa hari ke depan berlangsun­g etape ke-14 yang berupa individual time trial (ITT). Dengan kelebihann­ya di time trial, Uran punya kans besar menguasai maglia rosa alias pink jersey.

Sementara itu, pembalap Katusha Ilnur Zakarin memenangi etape kesebelas itu. Dia memanfaatk­an keunggulan­nya dalam breakaway di awal lomba. Dia finis solo dan unggul hingga 53 detik dari rombongan berikutnya. ’’Saya mengawali lomba dengan suasana hati yang baik,’’ ungkap Zakarin. (c17/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia