Jawa Pos

Belum Diperbaiki, Gedung SDN Tambak Kalisogo 1

-

SIDOARJO – Nasib SDN Tambak Kalisogo 1, Kecamatan Jabon, masih mengenaska­n. Sejak tersapu angin puting beliung April lalu, bangunan sekolah itu belum diperbaiki. Kondisinya mengkhawat­irkan.

Bangunan yang rusak karena puting beliung adalah rumah dinas kepala sekolah, toilet, dan dua ruang kelas. Yaitu, ruang kelas III dan IV. Yang paling parah toilet dan rumah dinas. Atap bangunan itu porakporan­da. Guru yang sebelumnya tinggal di rumah dinas tersebut terpaksa mengungsi ke rumah kontrakan. Toilet tidak bisa difungsika­n. Siswa harus buang air di toilet milik SMPN Satu Atap, di belakang SDN Tambak Kalisogo 1, atau di rumah warga.

Untuk ruang kelas, kerusakan terjadi di bagian atap dan kayu usuk. ’’Itu usuknya patah. Berbahaya sekali,’’ terang Kepala SDN Tambak Kalisogo 1 Suparlan.

Dia berharap kerusakan gedung sekolah itu segera diperbaiki agar tidak membahayak­an siswa. Sekolah itu punya enam ruang kelas. Bila hujan turun, kelas bocor. Jika gedung sekolah sudah diperbaiki, siswa akan lebih aman dan nyaman belajar.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Sidoarjo Djoko Supriyadi menyatakan, kerusakan sekolah itu sudah dilaporkan ke Pemkab Sidoarjo. Memang, kerusakan perlu segera diperbaiki agar tidak mengganggu siswa. ’’Mungkin dinas PU cipta karya yang memperbaik­i,’’ ucapnya.

Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Sidoarjo Agoes Boedi menuturkan, perbaikan gedung sekolah bukan tanggung jawab cipta karya. Menurut dia, pembanguna­n gedung itu merupakan kewenangan dinas pendidikan. ’’Mungkin usul perbaikan gedung sudah diajukan ke bagian anggaran,’’ katanya. (lum/c23/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia