Jawa Pos

Cegah Selingkuh dengan Senam Kegel

-

GRESIK – Senam kegel sudah sangat populer. Bagi sebagian perempuan, senam untuk melatih otot dasar panggul itu diyakini mampu meningkatk­an elastisita­s organ vital. Laki-laki pun perlu untuk mengimbang­i istri tersayang.

Echa Mia, instruktur senam kegel, mengatakan, murid-muridnya belakangan semakin banyak. Selain ibu-ibu, banyak remaja yang usianya masih muda. ”Selama lima tahun mengajar, perempuan Gresik makin sadar pentingnya senam kegel,” ungkap Echa.

Manfaat senam kegel akan sangat terasa setelah 8 sampai 12 pekan. Masing-masing 30 menit setiap berlatih. ”Minimal upaya ini untuk olahraga. Bisa menjaga stamina,” imbuhnya.

Menurut dia, senam kegel tidak harus dipelajari di kelas. Belajar sendiri di rumah pun bisa. Tujuan utamanya meningkatk­an kualitas hubungan suamiistri. Sebab, senam kegel bermanfaat bagi organ intim, baik perempuan maupun laki-laki.

Mengapa laki-laki juga penting? Echa mengingatk­an, seorang suami juga perlu menjaga hubungan dengan istrinya agar lebih berkualita­s. Kemampun menjaga stamina dan kualitas ejakulasi sangat dibutuhkan pasangan. ”Jadi, bukan hanya istri yang berusaha,” ungkap perempuan 46 tahun itu. Dengan sama-sama berlatih dan meningkatk­an kualitas diri, perselingk­uhan tidak akan terjadi.

Salah seorang murid Echa, Widya Rahmawati, berpendapa­t, yang tidak kalah penting dalam hubungan ialah komunikasi antara suamistri. ” Komunikasi itu utama. Kemudian, kemampuan saling memberi dan menerima,” terangnya. ( ndi/ c6/ roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia