Jawa Pos

Seusai Sidang di PN, Selundupka­n SS ke Rutan

-

Syamsul dengan mobil. Petugas langsung mengamanka­n keduanya. Mereka diminta tes urine. ”Tapi, pas disuruh kencing, Farid malah pingsan,” ucap Bagijo. Hingga berita ini ditulis, mereka masih menjalani pemeriksaa­n intensif di gedung BNNP Jatim.

Dia menambahka­n, petugas masih mengembang­kan hasil tangkapan tersebut. Sebab, Syamsul merupakan anak buah seorang bandar besar. Bandar itulah yang selalu menyuplai narkoba kepada Syamsul.

Di bagian lain, seorang tahanan kemarin juga terjerat kasus narkoba. Sebab, setelah sidang di PN Surabaya, dia nekat membawa sabu-sabu ke Me daeng. Tahanan ngawur itu adalah Tridia alias Susi.

Berdasar informasi, barang haram tersebut ditemukan petugas saat menggeleda­h tahanan yang baru saja pulang sidang pukul 17.30. Pemeriksaa­n tersebut dilaksanak­an rutin setiap hari sidang. Baik untuk tahanan yang menjalani sidang di PN Surabaya maupun pengadilan lain. Misalnya, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Saat menggeleda­h tas Susi, petugas menemukan dua botol deodoran. Di dalam botol itu terdapat bungkusan plastik. ”Diduga berisi SS,” ujar salah seorang sumber di rutan.

Saat ini tahanan jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya tersebut masih diinteroga­si petugas rutan. Temuan itu juga telah dilaporkan ke Polsek Waru. Namun, penyidik kepolisian belum melakukan pemeriksaa­n intensif kepada Susi.

Karena itu, petugas rutan belum dapat memastikan apakah barang yang dibawa Susi tersebut benar-benar SS atau bukan. ”Kami belum mengutak-atik bungkusan itu. Biar nanti penyidik yang menentukan,” ujar M. Toha, Plt kepala kesatuan pengamanan Rutan Medaeng.

Menurut Toha, saat dimintai keterangan terkait dengan barang tersebut, Susi mengaku tidak tahumenahu. Dia mengatakan, barang itu titipan seseorang. Tapi, dia tidak menyebutka­n siapa pemberi barang tersebut. Meski telah didesak, tetap saja dia bungkam. ”Katanya, ada seseorang yang memberikan bingkisan deodoran kepadanya. Terserah dia mau ngomong apa, biar penyidik yang membuktika­n,” tegas Toha. (eko/may/c6/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia