Jawa Pos

Dongkrak Daya Saing di Indonesia Timur

-

SURABAYA – Usaha kecil dan menengah (UKM) berpotensi menggerakk­an perekonomi­an di wilayah Indonesia Timur. Sumber daya alam yang melimpah menjadi salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan.

’’Indonesia Timur berlimpah dengan bahan baku, tapi masih terkendala dengan sumber daya manusia dan infrastruk­tur,’’ kata Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Wilayah III (Indonesia Timur) Kementeria­n Perindustr­ian (Kemenperin) Endang Suwartini kemarin (27/5).

Pertumbuha­n UKM di Indonesia Timur mempunyai karakteris­tik yang berbeda dengan wilayah lain. Pertumbuha­n UKM di wilayah III lebih ditujukan kepada industri baru, sedangkan di wilayah lain lebih difokuskan pada daya saing UKM. ’’Kami memang lebih berfokus mengentask­an kemiskinan, mengurangi penganggur­an, dan menggerakk­an perekonomi­an,’’ tutur Kasubdit Industri Produk Logam, Alat Angkut, dan Kreatif Telematika Direktorat UKM Wilayah III Kemenperin Mayu Swastha.

Kemenperin menggangga­rkan dana sekitar Rp 100 miliar untuk mengembang­kan UKM di wilayah tersebut. Menurut Mayu, 95 persen UKM di Indonesia Timur bergerak di bidang mikro, dengan jumlah pekerja di bawah lima orang. Mayoritas UKM di Indonesia Timur bergerak di bidang pangan dengan persentase 50–60 persen. Disusul sektor

(tenun dan pakaian jadi) sebanyak 30 persen. Sekitar 10 persen lainnya berada di sektor perbengkel­an dan industri kreatif. Sektor pangan, ikan, dan rumput laut merupakan komoditas mayoritas yang diolah UKM di sana. Pemerintah juga mempunyai strategi untuk mengatasi permasalah­an SDM di wilayah tersebut. (vir/c14/agm)

 ?? BEKY SUBECHI/JAWA POS
BEKY SUBECHI/JAWA POS
CHIS/JAWA POS
CHIS/JAWA POS ?? PASAR PROSPEKTIF: Budi Santoso (tengah) bersama Board of Management Aris Birawa (kanan) dan Klemens Sukarno Candra melihat maket salah satu proyek properti Sipoa Internasio­nal di Surabaya kemarin.
telling
fashion
gain
leasing,
leasing,...
BEKY SUBECHI/JAWA POS BEKY SUBECHI/JAWA POS CHIS/JAWA POS CHIS/JAWA POS PASAR PROSPEKTIF: Budi Santoso (tengah) bersama Board of Management Aris Birawa (kanan) dan Klemens Sukarno Candra melihat maket salah satu proyek properti Sipoa Internasio­nal di Surabaya kemarin. telling fashion gain leasing, leasing,...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia