Jawa Pos

Manabi Terpilih Kasek Transgende­r Pertama

-

KOLKATA – Pengakuan terhadap kaum liyan meningkat di India. Kemarin (27/5), untuk kali pertama, dinas pendidikan Negara Bagian West Bengal mengumumka­n penunjukka­n transgende­r sebagai kepala sekolah (Kasek). Manabi Banerjee bakal memimpin Sekolah Menengah Atas Khusus Perempuan di Kota Krishnagar.

’’Dia telah mengajar di sekolah tersebut selama lebih dari 20 tahun. Dia juga memiliki pengalaman di bidang administra­tif seperti yang dibutuhkan kepala sekolah pada umumnya,’’ kata Dipak K. Kar, kepala dinas pendidikan setempat. Rencananya, Banerjee mulai menjabat Kasek pada tahun pelajaran baru mendatang. Tepatnya, pada 9 Juni.

Kar menegaskan bahwa proses pemilihan Banerjee dilakukan Komite Seleksi SMA. Komite itu, ucap dia, tidak memperlaku­kan penduduk asli Kota Naihati tersebut secara khusus. ’’Dia melewati tes seleksi yang kami selenggara­kan seperti calon yang lain,’’ tandasnya. Pada akhirnya, pengajar yang juga pendiri sekolah transgende­r itu lolos dengan nilai terbaik.

Komunitas transgende­r India menyambut hangat pemilihan Banarjee sebagai Kasek. Bagi mereka, kesuksesan sosok yang terlahir sebagai lelaki bernama Somnath tersebut adalah prestasi bagi komunitas transgende­r.

’’Ini bukti bahwa masyarakat sudah bisa menerima kaum transgende­r,’’ ujar Rudrani Chettri, direktur Mitr Trust, kelompok pembela hak-hak kaum transgende­r.

Sementara itu, Banerjee menanggapi promosinya dengan biasa-biasa saja. ’’Saya sudah kehilangan mood untuk menjadi banggadeng­anprestasi­profesiona­l yang saya raih. Saya pribadi merasa senang karena tetap menjadi diri sendiri,’’ jelasnya. (AP/firstpost/ hep/c20/ami)

 ??  ??
 ?? WISHESH ?? Manabi Banerjee
WISHESH Manabi Banerjee

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia