Jawa Pos

Buru Pembajak sampai Daerah

Bareskrim Tindak Lanjuti Laporan Artis

-

Kampus Univ Negeri Jakarta Univ Jenderal Soedirman Univ Diponegoro Univ Negeri Yogyakarta Univ Negeri Surabaya Univ Airlangga ITS Surabaya Univ Brawijaya Univ Syah Kuala UKT 2013 Tertinggi (Grade 5) Rp 6,4 juta Rp 15 juta Rp 18,5 juta Rp 4,5 juta Rp 6 juta Rp 25 juta Rp 7,5 juta Rp 21,450 juta Rp 17,996 juta karena pertimbang­an biaya UKT yang murah dan sudah dipublikas­ikan.

’’Kalau nanti ada mahasiswa baru yang tanya kok biaya kuliahnya berubah-ubah, rektor mau jawab bagaimana,’’ tanya guru besar bidang pendidikan itu. Dampak paling besar adalah mahasiswa baru berpotensi mundur gara-gara tidak cocok dengan besaran SPP kuliah dalam skema UKT yang baru.

Jika UKT terpaksa harus diubah atau direvisi, Rochmat berharap Kemenriste­kdikti segera menuntaska­nnya. Dengan demikian, segera ada kepastian besaran uang kuliah yang baru.

Rochmat juga mengungkap­kan bahwa surat edaran itu tidak hanya mengatur moratorium UKT. Tetapi, juga merevisi standar nasional pendidikan tinggi (SNPT). Salah

JAKARTA– Polisi tak tinggal diam atas maraknya pembajakan karya seni. Pelaku pembajakan dan pelanggara­n hak cipta yang selama ini tak diusik akan serius dijerat tindak pidana setelah polisi mendapat laporan dari para artis Indonesia. Kali ini Bareskrim Mabes Polri akan bertindak menyeluruh se-Indonesia dalam memberanta­s pembajakan karya seni, tidak sporadis seperti biasanya.

Bareskrim mendapat pengaduan dari para artis sekitar pukul 11.00 kemarin (27/5). Mereka dipimpin artis yang sekaligus anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah. Dia datang bersama Ashanty (istrinya), Vicky Shu, Aura Kasih, Once, dan banyak lagi. Mereka datang khusus untuk melaporkan adanya pembajakan di sejumlah daerah.

Kabareskri­m Komjen Budi Waseso menerangka­n bahwa pihaknya telah melakukan konferensi video ( dengan hampir seluruh polres di Indonesia. Dalam konferensi video itu, seluruh polres diinstruks­i UKT 2014 Tertinggi (Grade 6/8) Rp 10,7 juta Rp 17,5 juta Rp 19,5 juta Rp 4,950 juta Rp 7,5 juta Rp 25 juta (tidak naik) Rp 7,5 juta (tidak naik) Rp 23 juta Rp 22 juta UKT Grade 1: Rp 0–Rp 500 ribu untuk 5 persen mahasiswa termiskin di luar peserta bidikmisi satu yang diubah adalah aturan lama kuliah program sarjana (S-1).

Ketika urusan pendidikan tinggi masih dipegang Mendikbud Mohammad Nuh, lama kuliah dipatok maksimal sepuluh semester atau lima tahun. Jika melewati durasi itu, mahasiswa di- ( DO). Sem angat penerapan aturan tersebut adalah efektivita­s kuliah. Arus mahasiswa yang lulus dengan mahasiswa baru yang mas uk harus lancar. Dengan begitu, kampus bisa menampung mahasiswa baru sebesar- besarnya.

Namun, Rochmat mendapatka­n kabar bahwa lama kuliah sarjana akan dilonggark­an lagi. Yakni, menjadi maksimal tujuh tahun. Menurut Rochmat, kebijakan itu sudah tidak relevan dengan perkembang­an keilmuan mengejar pelaku pembajakan. ”Pengejaran­nya tidak hanya di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia. Sampai ke daerah-daerah,” tegasnya.

Penindakan terhadap pembajak tidak akan pilih kasih. Semua pelaku –dari hulu ke hilir– bakal diproses. Pembuat CD bajakan hingga ke penjualnya bakal ditangkap. ”Kami akan tindak semua sampai ke akar-akarnya,” tandas Budi. Saat ini, untuk memantapka­n langkah tersebut, Bareskrim sedang memetakan permasalah­an pembajakan. Mulai pembajakan DVD hingga akses men- lagu di internet. ” Tunggu hasil laporannya ya,” tuturnya.

Budi menjelaska­n, untuk situs yang menyebarka­n lagu bajakan, langkah tegas telah dilakukan. Bersama Kementeria­n Komunikasi dan Informatik­a, telah dilakukan pemblokira­n pada sejumlah situs tersebut. ” Tapi tidak berhenti di situ saja,” ucapnya.

Yang juga penting adalah menyasar pembajakan yang terjadi di tempat hiburan, mal, hingga pertokoan. Budi menegaskan, semua langkah itu akan dilakukan. ”Lihat saja, semuanya akan bergerak mengatasi masalah pembajakan,” janjinya. (idr/c9/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia