Jawa Pos

Pembalap Motor Jadi Juri MasterChef

Formasi Baru Hanya Dua Orang

-

JAKARTA – Ajang pencarian bakat memasak, MasterChef Indonesia (MCI), memasuki musim keempat. Acara yang ditayangka­n di RCTI mulai Minggu (31/5) itu menghadirk­an formasi juri baru. Bukan lagi tiga, melainkan dua. Dua juri itu pun tidak berprofesi chef semua.

Dua juri MasterChef Indonesia 4 (MCI 4) tersebut adalah Chef Arnold Poernomo dan Matteo Guerinoni. Arnold bergabung dengan MasterChef Indonesia mulai musim ketiga. Setelah itu, dia dua kali menjadi juri MasterChef Junior.

Sementara itu, Matteo Guerinoni adalah wajah baru dalam ajang tersebut. Sebetulnya, publik lebih mengenal Guerinoni sebagai komentator balap. Pria Italia itu adalah pembalap motor dan komentator MotoGP.

Namun, di luar itu, pria yang sempat dikabarkan menjadi kekasih Maia Estianty tersebut merupakan pebisnis di bidang kuliner. Dia pernah mengelola beberapa restoran dan sekarang memiliki restoran sendiri. Dua juri dengan latar belakang profesi yang berbeda di bidang kuliner itu akan membuat ajang lebih menegangka­n.

Chef Arnold nanti berfokus pada teknik memasak para peserta. Guerinoni lebih banyak memperhati­kan presentasi dan rasa. Keduanya juga kompak untuk lebih galak kepada para peserta. Karena hal itu juga, MasterChef kali ini mengambil tema besar

alias tiada ampun. Mengenai ’’tugas’’ untuk menjadi galak, bagi Guerinoni hal itu tidaklah sulit. Sebab, sehari-hari di restoran pun dia terbilang galak. Meski begitu, dia tetap menunjukka­n respect kepada para peserta. ’’Saya menghindar­i kata-kata kasar. Saya tidak akan memuntahka­n makanan walaupun rasanya sangat tidak enak,’’ ucapnya di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat kemarin (27/5).

Sebetulnya, Guerinoni sudah dilamar untuk menjadi juri MasterChef sejak dua musim lalu. Namun, saat itu dia masih sibuk dengan kegiatan balapnya. Baru pada 2015 dia menerima tawaran tersebut. Itu pun dia masih berpikir berkali-kali sampai akhirnya berkata iya. ’’Ini pengalaman baru bagi saya, berhadapan dengan juru masak amatir. Itulah yang membuat saya tertarik,’’ jelasnya.

Direktur Program dan Produksi RCTI Dini Aryanti Putri menjelaska­n, dua juri tersebut punya kapasitas yang mumpuni. ’’Chef Arnold itu mafia Hongkong. Matteo itu mafia Italia. Mereka seperti Yin Yang yang saling melengkapi dalam urusan penjurian,’’ katanya.

Hal itu dibenarkan Produser MCI 4 Bramantyo Nugroho. Daripada tiga juri, dua juri dinilai lebih baik. ’’Mereka bisa lebih straight to the point,’’ ucapnya.

Akan ada 50 calon chef yang bertarung dalam MCI 4. Mereka datang dari berbagai latar belakang profesi, usia, serta daerah. Ada yang bekerja sebagai personal trainer, staf IT, hingga dokter hewan muda. (and/c5/jan)

 ??  ?? no mercy DUA JURI: Dari kiri, Arnold Poernomo dan Matteo Guerinoni akan berpartner untuk menilai keahlian dan hasil masakan peserta MasterChef Indonesia musim keempat.
no mercy DUA JURI: Dari kiri, Arnold Poernomo dan Matteo Guerinoni akan berpartner untuk menilai keahlian dan hasil masakan peserta MasterChef Indonesia musim keempat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia