Jawa Pos

Coret Febri, Restu, dan Oki?

Komposisi Final Timnas Basket di SEA Games 2015

-

JAKARTA – Teka-teki skuad inti tim nasional basket putra yang akan tampil di SEA Games Singapura 2015 mulai terkuak. Sudah ada tiga pemain yang sangat mungkin dicoret dalam seleksi akhir.

Saat ini timnas menjalani training camp terakhir di Batam yang diikuti 15 pemain. Namun, berdasar data surat keputusan (SK) dari KOI (Komite Olimpiade Indonesia) tentang daftar atlet, manajer, dan pelatih yang berangkat ke ajang multievent dua tahunan itu, penggawa timnas putra sudah berjumlah 12 orang.

Ada tiga pemain yang tidak terdaftar dalam SK tersebut. Mereka adalah forward Bimasakti Nikko Steel Malang Restu Dwi Purnomo,

M88 Aspac Jakarta Oki Wira Sanjaya, dan CLS Knights Surabaya Rachmad Febri Utomo.

Restu dan Oki belum pernah membela timnas dalam ajang besar. Sementara itu, Febri merupakan kapten di SEA Games 2013 di Myanmar.

Asisten manajer timnas Ferri Jufry menegaskan, SK tersebut tidak bisa dijadikan patokan skuad utama timnas di Singapura.

’’SK itu tidak berpengaru­h. Sebab, SK itu hanya memenuhi kuota 12 orang seperti yang diminta pemerintah. Jadi, nama-nama yang ada di situ bisa digonta-ganti,’’ kata Ferri.

’’Dari nya, maksimal satu minggu sebelum hari H untuk melakuan pergantian pemain. Dari kami, pengumuman pekan ini,’’ imbuh manajer Hangtuah Sumsel IM itu.

Sampai saat ini, Ferri bersama staf pelatih lainnya masih bersikukuh mempertaha­nkan 15 pemain. Selain karena kebutuhan latihan, atmosfer persaingan untuk berebut posisi timnas begitu sengit.

Bahkan, menurut dia, penampilan pemain dalam training camp terakhir di Taiwan begitu merata. Pemain yang diprediksi tampil underperfo­rm justru membuktika­n penampilan yang menanjak. Karena itu, dia masih bungkam soal pemain yang akan dicoret.

’’Semua pemain sampai saat ini tidak ada yang merasa posisinya sudah aman. Karena itu, kami masih berkomitme­n untuk tidak announce dulu nama-nama itu,’’ ujar Ferri.

Di sisi lain, Restu mengakui bahwa persaingan di timnas memang lebih keras. Terutama di posisinya sebagai forward.

’’Persaingan di posisi saya memang berat. Semua tidak mau mengalah dan ngotot. Peluang saya sendiri memang agak berat karena dari segi pengalaman saya kurang,’’ ungkap Restu.

Namun, kalaupun nanti namanya tercoret, pemain 192 sentimeter itu tetap bangga karena sudah sampai tahap terakhir pencoretan. Apalagi, tidak semua pemain memiliki pengalaman membela timnas. ’’Tapi, saya sih masih optimistis (untuk lolos),’’ tegasnya.

Sementara itu, dari timnas putri, Manajer Augie Fantinus menyatakan, pihaknya akan mengumumka­n skuad inti timnas malam ini.

’’Pencoretan itu dari 14 ke 12 pemain. Bahkan, kalau boleh jujur, pekan lalu kami baru saja mengubah nama-nama pemain dalam SK yang tampil di Singapura,’’ terang Augie. ’’SKnya sampai sekarang belum saya ganti karena bagi saya urusan SK nanti saja. Terpenting berangkat saja dahulu,’’ imbuh presenter dan bintang televisi itu. (mid/c23/nur)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? BERSAING: Point guard timnas Indonesia asal CLS Knights Surabaya Mario Wuysang (kiri) berlatih bersama Dimaz Muharri. Posisi mereka dalam skuad inti SEA Games 2015 masih belum aman. shooting guard
shooting guard/small forward
technical handbook-
HENDRA EKA/JAWA POS BERSAING: Point guard timnas Indonesia asal CLS Knights Surabaya Mario Wuysang (kiri) berlatih bersama Dimaz Muharri. Posisi mereka dalam skuad inti SEA Games 2015 masih belum aman. shooting guard shooting guard/small forward technical handbook-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia