Jawa Pos

LeBron Mengubah Kacangan Jadi Bintang

Pukul Hawks, Cavaliers Juara Wilayah Timur

-

CLEVELAND- Tidak ada kejutan. Cleveland Cavaliers akhirnya melesat ke final NBA 2014-2015. Cavaliers menyapu bersih juara musim reguler wilayah timur Atlanta Hawks 4-0. Dalam game keempat di kandang sendiri Quicken Loans Arena, Ohio, kemarin WIB, LeBron James dkk membekap Hawks dengan skor telak, 118-88.

Sukses ini menjadikan Cavaliers menjadi kampiun wilayah timur untuk kali kedua dalam sejarah tim. Gelar pertama terjadi delapan tahun silam, pada musim 2006-2007. Pada final NBA, Cavaliers disapu bersih San Antonio Spurs 0-4.

King James julukan LeBron, adalah nyawa bagi Cavaliers. Dia mendulang poin terbanyak dengan donasi 23 poin, 9 rebound, dan 7 assist dalam game kemarin. J.R Smith mendonasik­an 18 poin dan 10 rebound.

Sementara itu, point guard utama mereka Kyrie Irving juga tampil cemerlang. Comeback dari istirahat dalam dua pertanding­an sebelumnya karena cedera lutut, Irving mengemas 16 point, 5 assist, dan 4 rebound.

Kembalinya LeBron setelah menjalani masa pragamtism­e ke Miami Heat selama empat musim (20102014) benar-benar membawa berkah bagi Cavaliers. Dialah penyuntik mental juara di tim ini.

Dia juga yang menjadikan dan mengangkat kumpulan pemain kacangan dan biasa-biasa saja menjadi bintang. J.R Smith berubah menjadi shooter yang sangat disegani di playoff tahun ini. Iman Shumpert bermetamor­fosis sebagai pemain yang sangat cair.

Matthew Dellavedov­a, serbaguna. Sedangkan center asal Rusia Timofey Mozgov yang seolah-olah pemain tak bernilai empat sampai lima tahun lalu menjadi pahlawan lokal Cleveland dan sekitarnya.

Setelah kepergian LeBron ke Heat pada 2010, Cavaliers langsung terpuruk. Empat musim terakhir, Cavaliers terus absen di playoff NBA.

Dan kedatangan empat kali MVP NBA itu langsung terbukti ampuh. Cavaliers finis kedua di wilayah timur dan lantas kemarin malam memastikan gelar juara playoff wilayah timur. Padahal Cavaliers dilatih oleh pria dengan pengalaman nol di NBA bernama David Blatt.

Setelah sukses membawa Heat juara NBA secara back to back (2011-2012 & 2012-2013), LeBron kini punya mental yang lebih kuat untuk mempersemb­ahkan cincin juara untuk kali pertama dalam sejarah Cavaliers.

“Aku paham impian seluruh warga di sini. Bukan hanya Cleveland, tapi seluruh bagian Timur Laut Ohio dan juga semua fans Cavaliers di belahan dunia manapun. Bisa mencapai titik ini malam ini (Kemarin, Red), adalah sesuatu yang sangat emosional,” ungkap LeBron seusai pertanding­an kemarin seperti dikutip Associated Press. (irr/nur)

 ?? AP PHOTO/TONY DEJAK ?? Shooting guard
double-double
LIMA BERUNTUN: Bintang Cavaliers LeBron James ber-selfie ria dengan penggemar saat selebrasi lolos ke final setelah mengalahka­n Hawks 118-88 kemarin WIB.
AP PHOTO/TONY DEJAK Shooting guard double-double LIMA BERUNTUN: Bintang Cavaliers LeBron James ber-selfie ria dengan penggemar saat selebrasi lolos ke final setelah mengalahka­n Hawks 118-88 kemarin WIB.
 ?? AP ??
AP
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia