Jawa Pos

Sosialisas­i Tiga Jalur kepada Wali Murid

-

SURABAYA – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) dimulai bulan depan. Sekolah-sekolah mulai mempersiap­kan diri menghadapi masa itu. Salah satunya melaksanak­an sosialisas­i kepada wali murid. Misalnya, yang dilakukan SMPN 46 kemarin (27/5).

Ketua PPDB SMPN 46 Tri Endang Kustianing­sih mengatakan, di Surabaya ada tiga jalur PPBD. Yaitu, jalur khusus yang diperuntuk­kan siswa berprestas­i, baik secara akademis maupun nonakademi­s (olahraga, seni), serta mitra warga dan inklusi. Lalu, jalur kawasan adalah jalur menuju sekolah yang telah ditunjuk sebagai sekolah kawasan. ’’Menggunaka­n tes potensi akademik. Syarat mendaftar minimal memiliki nilai rerata 8,5,’’ papar perempuan yang juga wakil kepala SMPN 46 tersebut

Terakhir adalah jalur reguler, jalur paling umum yang diikuti siswa. Menurut Tri, sosialisas­i PPDB dengan cara mengundang orang tua para siswa kelas IX seperti itu berlangsun­g setiap tahun. Antusiasme orang tua positif. Mereka dengan serius mendengark­an sambil mencatat penjelasan.

Sekolah menjelaska­n, pada jalur reguler lewat online, siswa bisa mendaftar sendiri di rumah. Mereka tidak perlu ke sekolah karena SMPN 46 belum mempunyai laboratori­um komputer. Hingga sekarang, SMPN 46 masih satu lokasi dengan SDN Pakis VIII. Gedungnya pun masih menumpang.

Salah seorang wali murid, Solichin, menyatakan akan mendaftark­an anaknya ke SMA lewat jalur umum. ’’Mungkin ke SMAN 9 atau SMAN 4,’’ ucap ayah Na- bilah Alicia Multazam, warga Dukuh Kupang, tersebut.

Menurut Solichin, dirinya realistis dengan kemampuan anaknya. Solichin menilai, masuk jalur umum memberikan peluang lebih besar daripada jalur kawasan. Pada waktu bersamaan, sosialisas­i PPDB juga dilaksanak­an di aula Dinas Pendidikan Kota Surabaya kemarin.

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan meminta kepala sekolah rajin mengecek laman PPDB di ppdbsuraba­ya.net. Dalam laman tersebut, tersedia semua petunjuk. Ikhsan juga mengingatk­an penerimaan rapor yang rencananya diadakan pada 12–13 Juni. Ikhsan mengimbau para kepala sekolah menginstru­ksi guru untuk segera mencicil atau memasukkan nilai siswa ke dalam rapor online sehingga penerimaan rapor nanti berlangsun­g lancar. (ina/c6/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia