Jawa Pos

Verifikasi LJUS Selesai dalam Seminggu

-

SURABAYA – Proses verifikasi dan penilaian hasil pemindaian lembar jawaban ujian sekolah (LJUS) SD/MI dimulai kemarin (27/5). Kabupaten/ kota diberi waktu untuk menyerahka­n hasil pemindaian dalam bentuk soft copy.

Sudah ada beberapa kabupaten/kota yang menyerahka­n hasil pemindaian LJUS. Di antaranya, Bondowoso, Pamekasan, Nganjuk, Ngawi, Mojokerto, dan Bangkalan. ’’Yang kali pertama menyerahka­n biasanya kabupaten/kota yang memiliki sedikit siswa SD/ MI. Setelah US susulan selesai, hasilnya juga dikirim ke provinsi,’’ terang Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Jatim Nuryanto.

Dia menyatakan sudah membentuk grup di media sosial yang beranggota tenaga pemindaian dari 38 kabupaten/kota. Den- gan begitu, komunikasi tetap selalu terjalin. ’’Kalau ada masalah, dapat segera dikomunika­sikan sehingga berjalan lancar,’’ katanya. Dikbud Jatim telah menyediaka­n enam PC dan dua server untuk menyelesai­kan proses itu.

Bila seluruh 38 kabupaten/kota sudah mengirimka­n hasil scanning dan tidak ada masalah, proses selanjutny­a adalah scoring atau penilaian. Kemudian, Dikbud Jatim melaporkan kepada Puspendik Kemendikbu­d bahwa siap untuk penilaian. ’’Nanti ada pegawai Puspendik yang datang ke provinsi untuk memberikan aplikasi penilaian. Target scoring tanggal 10 Juni. Tapi, kalau lebih cepat, ya lebih baik tentunya,’’ papar Nuryanto.

Penilaian LJUS seluruh siswa SD/MI dapat selesai dalam dua hari bila berjalan lancar. Setelah dinyatakan oke, barulah pencetakan nilai dalam SHUS (sertifikat hasil ujian sekolah) dapat dilakukan. ’’Proses cetak itu juga berlangsun­g lama. Belum lagi kalau ada masalah cetak, harus diulang lagi. Biasanya, itu yang buat lama,’’ ungkap Nuryanto.

Pengumuman kelulusan SD/MI se-Jatim serentak dilaksanak­an pada 20 Juni mendatang. Jadwal itu lebih cepat bila dibandingk­an dengan PSO (prosedur standar operasi), yakni 26 Juni. Sebab, kalender pendidikan SD/MI di Jatim berakhir serentak pada 20 Juni. Hari terakhir dalam kalender merupakan hari pengumuman kelulusan. ’’Setiap provinsi memiliki kalender pendidikan masing-masing,’’ terangnya. (bri/c23/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia