Jawa Pos

Selipkan Game di Tengah-Tengah Tarian

Anak-anak sangat dekat dengan dunia bermain. Belajar apa pun mereka akan sukacita jika diselingi permainan. Belajar belly dance pun begitu. Anita Ratna Damayanti, Pendiri Belly Dance Kids Community

-

SANTAI, tapi tetap sehat. Begitulah ajakan Anita Ratna Damayanti kepada anak-anak Kota Delta untuk belajar menari. Menjaga kondisi tubuh tidak harus dengan olahraga berat. Belly dance juga bisa.

Tari atau dance, bagi Anita, bukan hanya soal seni. Gerakannya juga menyehatka­n tubuh. ”Gerakan dance itu tidak ubahnya senam,” katanya. Dia pun menekuni tari asal Arab tersebut. Menurut Anita, gerakan utama belly dance berpusat di perut. Itulah kunci utamanya. Gerakan tersebut bisa membakar dan mengurangi kalori.

Karena sudah merasakann­ya sendiri, Anita mendirikan komunitas belly

di Sidoarjo tahun lalu. Komunitas itu ternyata benar-benar disukai banyak kalangan. Terutama kaum perempuan. Saat ini, komunitas tersebut memiliki ratusan anggota.

Anita pun semakin tertantang untuk mendirikan komunitas yang sama bagi anak-anak. Awal Februari lalu, Anita menyampaik­an keinginan tersebut kepada teman-temannya. Responsnya pun positif. Beberapa temannya bergegas membawa anakanak mereka. ”Awalnya hanya delapan orang anggota,” ceritanya.

Jumlahnya terus bertambah hingga 25 orang. Bagi Anita, mengajarka­n

untuk anak-anak SD merupakan sebuah tantangan. Dia harus mampu, misalnya, mengikis image seksi dalam belly dance. Belly dance untuk anak-anak hanya mengandalk­an gerakan perut dan tangan.

Sebenarnya, manfaat belly dance untuk anak-anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Hanya, menurut Anita, anak-anak yang sudah terbiasa belly dance akan semakin kreatif.

Selain itu, gerakan belly dance mampu melenturka­n otot-otot anak. Nanti bentuk tubuh mereka bisa lebih proporsion­al. ”Yang jelas, belly dance anak ini solusi buat ibu yang kebingunga­n mengajak anaknya olahraga,” kata ibu empat anak itu.

Agar anak-anak tidak bosan, Anita bekerja keras untuk terus berkreasi. Di sela-sela menari, dia memberi game-game lucu bernuansa tarian. Dia juga dituntut ekstrasaba­r. Dia berharap komunitas yang dinamakan Belly Dance Kids Community Sidoarjo by Anita itu bisa menuai prestasi gemilang. (c6/roz)

 ?? AHMAD MATIN/JAWA POS ?? belly
GERAKAN SEHAT: Anita Ratna memperagak­an gerakan belly dance.
dance
belly dance
AHMAD MATIN/JAWA POS belly GERAKAN SEHAT: Anita Ratna memperagak­an gerakan belly dance. dance belly dance

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia