Jawa Pos

Sukses di Manila, Siap Laga ke Jepang

Tim Sapu Angin ITS termasuk aset penting bagi Surabaya. Beberapa kali tim tersebut memenangi lomba tingkat internasio­nal. Salah satunya juara I Shell Eco- Marathon (SEM) lima kali berturut-turut.

-

SETELAH berlaga di Shell EcoMaratho­n (SEM) 2015 di Manila, Filipina, pada Februari lalu, tim Sapu Angin (SA) kembali bersiap menghadapi ajang Student Formula Japan (SFJ) 2015 di Ogasayama Sport Shizuoka pada September mendatang. Tahun ini merupakan kali ketiga tim SA mengikuti SFJ.

Persiapan untuk SFJ jauh lebih lama dan detail daripada SEM. Sebab, jenis mobil yang digunakan juga berbeda. ’’Perlombaan yang diunggulka­n pada SEM adalah hemat energi. Sedangkan di SFJ mobil diadu kecepatan serta ketahanan. Karena itu, jenis mobil yang digunakan juga berbeda,” terang Rizaldy Hakim Ash Shiddieqy, general manager tim SA ITS.

Mobil formula yang akan berlaga di SFJ 2015 bernama Sapu Angin Speed III (SAS III). Rizaldy menjelaska­n, dibutuhkan waktu satu tahun untuk merancang mobil formula terbaru itu. ’’Semua komponen sudah

Terbentuk 2010. siap, tinggal merakit. Kami akan melanjutka­n setelah UAS ini,” kata mahasiswa semester VIII Jurusan Teknik Mesin ITS itu.

Targetnya, mobil SAS III selesai pada Juni mendatang. Jadwal tersebut sesuai dengan rencana awal. Untuk mengikuti SFJ 2015, mobil SAS III harus dikirim terlebih dahulu ke Jepang pada pertengaha­n Agustus. ’’Kami baru menyusul pada akhir Agustus,” kata Rizaldy.

Jenis mesin yang digunakan SAS III, kata Rizaldy, sama dengan di SAS II. Yakni, husaberg. Mesin itu diimpor langsung dari Austria tahun lalu. ’’Kami beli mesin husaberg ini masih dalam rangkaian motor trill. Lalu, kami ambil mesinnya saja,” paparnya.

Mesin husaberg yang mereka gunakan memiliki kualifikas­i 450 cc silinder 1. Rizaldy dkk percaya jenis mesin tersebut sudah sesuai dengan karakter sirkuit di SFJ 2015 yang mirip dengan slalom. ’’Kalau sirkuit berkelok, Struktur organisasi terarah. Ada enam divisi dengan tugas masing-masing.

Anggota didominasi laki-laki. Dalam satu tahun, rata-rata mengikuti tiga kompetisi besar. Yakni, Shell-Eco Marathon (SEM), Student Formula Japan (SFJ), dan Indonesia Energy Marathon Challenge.

posisi.

anggota sesuai dengan kebutuhan Ada dua jenis mobil yang diunggulka­n, yakni hemat energi dan formula. Markas anggota tim Sapu Angin berada di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, ITS.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? LEBIH RINGAN: Tim Sapu Angin ITS mempersiap­kan mobil SAS III yang akan bertanding di kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2015 di Ogasayama Sport Shizuoka. Foto bawah, tim Sapu Angin ITS ketika mengikuti Student Formula Japan (SFJ) 2014. Mereka tak...
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS LEBIH RINGAN: Tim Sapu Angin ITS mempersiap­kan mobil SAS III yang akan bertanding di kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2015 di Ogasayama Sport Shizuoka. Foto bawah, tim Sapu Angin ITS ketika mengikuti Student Formula Japan (SFJ) 2014. Mereka tak...
 ?? TIM SAPU ANGIN ITS FOR JAWA POS ??
TIM SAPU ANGIN ITS FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia