Jawa Pos

Inspirasi Membangun dari Kota Sahabat

Surabaya begitu gencar membangun kerja sama dalam bentuk dengan kota- kota besar di dunia. Semua itu ditujukan untuk membuat Surabaya semakin mendunia. Seperti apa?

-

sister city

HUBUNGAN yang baik itu tentu menguntung­kan kedua pihak. Surabaya bisa mempelajar­i tata kelola perkotaan, budaya, dan pendidikan dari kota yang digandeng. Begitu pula sebaliknya. Kota-kota tersebut juga bisa belajar dari Surabaya.

Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Surabaya Dewi Wahyu Wardani menuturkan, sister city sangat bermanfaat untuk pengembang­an kota. Berbagai program pertukaran dalam banyak bidang sangat dimungkink­an. ’’Kotakota itu akan jadi prioritas dalam berbagai acara terkait pembanguna­n kota,’’ kata dia.

Namun, tidak bisa sembaranga­n Surabaya membingkai kerja sama dalam bentuk sister city. Sebab, kota-kota di dunia itu setidaknya harus memiliki kesamaan karakteris­tik dengan Surabaya. Misalnya, di bidang perekonomi­an, sama-sama sebagai kota pelabuhan, perdaganga­n, dan jasa.

Bidang tata kelola kota juga begitu. Surabaya mengganden­g kota di negara lain yang memiliki visi sejalan. Misalnya, sama-sama mengembang­kan green city. ’’Kesamaan tersebut jadi pertimbang­an mutlak. Biar langkahnya juga seiring,” tambah Dewi.

Perkembang­an Surabaya yang begitu pesat juga membuat kota-kota lain di dunia ingin menjalin relasi. Tawaran pun datang silih berganti. ’’ Yang terbaru datang dari Polandia dan Namibia,’’ ungkap Dewi.

Namun, pemkot tidak bisa begitu saja menerimany­a. Sebab, pemkot juga harus mendapatka­n restu dari pemerintah pusat. Selain itu, pertimbang­an persamaan karakter kota diperhitun­gkan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i menambahka­n, menjalin sister city bisa mendongkra­k kunjungan wisata di Surabaya. Karena itu, dia mengaku sedang gencar mempromosi­kan Kota Pahlawan. Misalnya, menggelar festival-festival unik. Dia mencontohk­an Festival Kalimas dan Rujak Uleg. Termasuk memperbaik­i infrastruk­tur yang menjadi ikon wisata untuk mengenalka­n Surabaya ke dunia. ”Saya bikin Museum Surabaya. Saya akan membuat kawasan Siola seperti di jalanan New York,” ujarnya. (jun/nir/c6/git)

 ?? NORA/JAWA POS ?? KHAS SURABAYA: Patung Ikan Sura dan Buaya dibangun di taman kota Busan, Korsel.
NORA/JAWA POS KHAS SURABAYA: Patung Ikan Sura dan Buaya dibangun di taman kota Busan, Korsel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia