Jawa Pos

Bakal Terbagi Dua Gelombang Besar

-

JAKARTA – Berlalunya Lebaran menjadi tanda persiapan arus balik 2015. Pemerintah memprediks­i arus tersebut bakal terdistrib­usi cukup merata dengan dua gelombang besar

Proyeksi itu memperhitu­ngkan waktu libur panjang sekolah yang cenderung membuat pekerja swasta memilih libur lebih lama daripada pegawai negeri sipil.

Ketua Posko Lebaran 2015 Kementeria­n Perhubunga­n Djoko Sasono mengatakan, periode arus balik diperkirak­an beralangsu­ng dari H+2 hingga H+9. Prediksi dia, arus berbagai moda tersebut cukup merata. Pasalnya, musim libur sekolah masih berjalan. Dengan demikian, pilihan bagi para pemudik untuk kembali ke kota lebih beragam.

Namun, dia memperkira­kan dua gelombang besar bakal berlangsun­g. Sebab, ada kewajiban masuk pada 22 Juli untuk para pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri. Karena itu, pemudik dengan anggota keluarga yang bekerja di lingkungan pemerintah­an hampir dipastikan pulang H+3 dan H+4.

’’Sedangkan para pegawai swasta, anak sekolah, dan freelancer mayoritas akan masuk pada 27 Juli. Dengan perhitunga­n gelombang arus balik dari mereka bakal terjadi H+6 (24 Juli) H+7 (25 Juli),’’ katanya.

Pria yang juga menjabat direktur jenderal perhubunga­n darat tersebut mengatakan, pihaknya memang lebih fokus mengantisi­pasi gelombang besar kedua. Sebab, 40 persen dari total pemudik didominasi pegawai swasta. ’’Ini bersamaan denga masuknya anak sekolah. Kalau secara pastinya kami baru bisa melihat jumlah kendaraan di H+2 nanti,’’ jelasnya Djoko.

Kepadatan lalu lintas darat akan dimulai di beberapa titik pada H+2. Itu disebabkan pemudik sudah bergerak terbiasa mampir ke tempat-tempat wisata sebelum kembali ke rumah. ( lus/ bil/ dim/ c10/ sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia