Jawa Pos

Museum Tutup, Wisatawan Tetap Berjejal

-

JAKUT – Berbagai district Jakarta boleh lengang. Tapi, ibu kota tetap padat. Terutama di ruas-ruas jalan yang menuju tempat wisata. Misalnya, kawasan Kota Tua, Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Impian Jaya Ancol. Ratusan ribu wisatawan memanfaatk­an libur Lebaran untuk menyerbu destinasi wisata itu bareng keluarga.

Kota Tua menjadi salah satu yang dipadati pengunjung. Daya pikatnya memang luar biasa. Pada hari kedua Lebaran kemarin, misalnya, pengunjung objek wisata di perbatasan Jakarta Barat–Jakarta Utara itu mencapai ribuan. Padahal, seluruh museum di Kota Tua tutup. Tapi, wisatawan tidak kecewa. Mereka menghabisk­an waktu dengan jalan-jalan keliling kompleks museum dan area terbuka yang dikeliling­i bangunan bersejarah.

Halaman Museum Sejarah Jakarta adalah salah satu titik kumpul para pelancong. Mayoritas pengunjung berpose dengan latar belakang bangunan bergaya kolonial dan manusia patung berwarna Mereka juga bisa menyewa sepeda warna-warni.

Pengunjung asal Bogor, Habibi, 24, memilih menikmati liburan di Kota Tua karena mudah diakses. Dia berlibur bareng saudaranya yang datang dari Jawa Tengah. Untuk menuju Kota Tua,

Ha b i b i cukup naik kereta rel listrik (KRL) Bogor– Jakarta Kota dengan waktu tempuh relatif singkat. ” Tidak perlu repot ganti kendaraan,” ujarnya.

Begitu juga Anisa Nursaleha. Perempuan 21 tahun tersebut mengelilin­gi Kota Tua dengan mengayuh sepeda

Bagi dia, menggowes sepeda sama menyenangk­annya dengan melihat koleksi museum. Meski, dia masih penasaran juga. ”Lain kali datang lagi supaya bisa masuk museum,” ucapnya.

Di sisi lain, Ancol pun dibanjiri pengunjung. Pada hari pertama Lebaran Jumat lalu (17/7), wisatawan mencapai 75 ribu orang. Menginjak hari kedua, jumlahnya menembus 100 ribu dan masih terus bertambah. Manajer Komunikasi Perusahaan PT Pembanguna­n Jaya Ancol Metty Yan Harahap menjelaska­n, dari tahun ke tahun, pengunjung Ancol selalu bertambah. ”Tahun ini pun begitu. Lebih banyak daripada tahun lalu,” jelasnya.

Untuk mengantisi­pasi hal itu, Ancol menambah jumlah loket selama pekan Lebaran. Sebanyak 39 loket tambahan dibuka sehingga totalnya menjadi 59 loket. (syn/ilo/c7/na)

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? silver.
onthel SERU: Wisatawan asyik menonton aksi fire eater cilik di kawasan Kota Tua Jakarta kemarin.
hel.
ont-
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS silver. onthel SERU: Wisatawan asyik menonton aksi fire eater cilik di kawasan Kota Tua Jakarta kemarin. hel. ont-
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? central business
MAIN AIR: Pengunjung memadati kolam renang di Taman Impian Jaya Ancol.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS central business MAIN AIR: Pengunjung memadati kolam renang di Taman Impian Jaya Ancol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia