Jawa Pos

Finalisasi Piala Kemerdekaa­n

PSS Sleman Keluar dari Grup Jawa Tengah

-

JAKARTA – Tim Transisi PSSI akhirnya merampungk­an penyusunan grup turnamen Piala Kemerdekaa­n yang berlangsun­g pada 1 Agustus mendatang. Hanya, dari data terbaru yang dirilis tim yang diketuai Bibit Samad Rianto itu, tidak ada banyak perubahan dari data yang pernah dipublikas­ikan.

Ya, dari data terbaru, perubahan hanya terjadi di tim-tim yang tergabung di grup C Solo-Jawa Tengah serta grup D Jawa Timur. Bila pada data terdahulu PSS Sleman berada di grup C Solo, kini posisinya dialihkan ke grup D Jawa Timur. Posisi mereka diganti dengan Persinga Ngawi yang ditukar dari grup D Jawa Timur.

’’ Tidak ada alasan yang mulukmuluk dalam melakukan perubahan ini. Kami hanya mempertimb­angkan asas keamanan di Solo,’’ kata Cheppy T. Wartono, salah seorang anggota Tim Transisi PSSI (17/7). ’’Sebab, di grup C ada Persis Solo dan itu sangat rawan bentrok antarsupor­ter,’’ jelasnya.

Sebagaiman­a diketahui, rivalitas antara Persis Solo dan PSS Sleman menghangat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, gesekan tersebut tidak hanya berlangsun­g di dalam lapangan, tapi juga telah merembet ke atas tribun. Emosi suporter kedua klub gampang tersulut bila kedua kubu saling bersua.

’’Memang, derby yang mempertemu­kan tim-tim seperti itu memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Namun, ada banyak hal yang harus kami pikirkan,’’ kata pria asal Jakarta tersebut. ’’ Jadi, daripada mengorbank­an banyak hal, kami sebaiknya mengambil jalan aman saja, dua klub itu tidak boleh berada dalam satu grup,’’ jelasnya.

Sementara itu, General Manager ( GM) PSS Sleman Soekoco me- nyatakan, mereka tidak mempermasa­lahkan pemindahan grup tersebut ke Jawa Timur . ’’ Bahkan sebaliknya, itu ( bergabung di Jawa Timur, Red) adalah satu tantangan tersendiri bagi kami,’’ ujarnya.

Dalam perkembang­an yang sama, Tim Transisi PSSI belum juga memutuskan kota mana yang akan menjadi tuan rumah untuk grup D wilayah Jawa Timur. Sejauh ini, Kota Bangkalan, Madura, dan Kota Madiun merupakan kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah dalam turnamen yang digagas tim transisi PSSI itu. (dik/c23/ko)

 ?? DOK/JAWA POS ?? HINDARI BENTROK ANTARSUPOR­TER: Pemain PSS Sleman (kaus kuning) ketika menghadapi Persiwa Wamena dalam laga kompetisi Divisi Utama 2014 lalu.
DOK/JAWA POS HINDARI BENTROK ANTARSUPOR­TER: Pemain PSS Sleman (kaus kuning) ketika menghadapi Persiwa Wamena dalam laga kompetisi Divisi Utama 2014 lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia