Jawa Pos

Impian Membangun Kerajaan Musik

-

Di dunia entertainm­ent, Fedi Nuril tidak hanya dikenal sebagai aktor, tetapi juga anak band. Laki-laki berperawak­an tinggi kurus itu merupakan gitaris band Garasi yang sudah mengeluark­an tiga album. Saat ditanya soal target terbesar dalam karir, dengan cepat Fedi menjawab bahwa target tersebut ada di musik.

”Saya bermimpi membangun kerajaan musik. Punya gedung untuk kantor yang mengerjaka­n produksi audio untuk ding, scoring, sound design. Sekarang film-film kita masih sering ke luar negeri untuk production. Saya rasa, sudah waktunya kita punya sendiri,” papar Fedi.

Dia mulai merintis usaha tersebut. Bersama kakak dan para sepupu, Fedi membangun studio kecil di kawasan BSD, Tangerang. Studio yang diberi nama Hassound (diambil dari nama sang kakek, Hasan, yang digabung dengan tersebut sudah mengerjaka­n beberapa proyek untuk film.

Menyimpan impian besar di ranah musik, Fedi justru lebih dikenal lewat film. ”Main banyak film buat pundi-pundi untuk bikin kerajaan musik,” tuturnya. Bila ditarik ke belakang, dia terjun ke film tanpa direncanak­an. Sekali mencoba, makin banyak kesempatan yang datang.

Sejauh ini, dia selalu mendapat peran sebagai lelaki baik-baik. Fedi ingin menjajal karakter yang jauh berbeda dari peran-perannya selama ini. Namun, produser selalu menganggap­nya memiliki wajah yang terlalu baik. ”Itulah, ada produser yang berani kasih peran ke saya,” ucapnya. Padahal, Fedi juga mengingink­an variasi akting. ”Penonton juga lama-lama bosan saya baik terus,” ungkapnya. (nor/c11/jan)

FEDI Nuril sudah dua kali mendapat peran di film sebagai suami yang beristri lebih dari satu. Pertama, dalam film

yang melambungk­an namanya sebagai aktor papan atas Indonesia. Kedua, dalam film

yang baru dirilis 15 Juli lalu. Namun, aslinya, di usianya yang ke-33 tahun, dia belum menikah. Kapan Fedi melepas masa lajang? ”Nikah maksudnya? Insya Allah pada waktunya,” kata Fedi. Bibir tipisnya menyunggin­gkan senyum.

Saat didesak lagi, dia berujar, bila sudah bertemu dengan perempuan yang membuat hatinya merasa cocok, dirinya tak akan menundanya. Kerap beradu peran dengan sederet aktris cantik yang juga masih Fedi sering dijodohjod­ohkan dengan lawan mainnya. Di antaranya, Laudya Cynthia Bella dan Raline Shah yang menjadi istri Fedi dalam film terbaru. ”Jadi setuju langsung dua-duanya?” kata Fedi dengan tawa jahil.

Dulu, di film dia berperan sebagai suami Rianti Cartwright dan Carissa Puteri. Sampai-sampai muncul sebutan aktor spesialis poligami. Saat ditanya pendapatny­a tentang isu poligami, Fedi punya jawaban sendiri. ”Di film saya pusing banget punya istri dua. kalau itu terjadi di kehidupan nyata,” ungkapnya.

Selama ini, kisah cinta Fedi tidak banyak terekspos. Pria berdarah Padang itu lebih suka membicarak­an karir dan impian-impiannya. Soal pasangan, Fedi mengatakan belum dikejar target. ”Untungnya, karena anak bontot, saya masih aman. Dua kakak saya yang habis kata bungsu di antara tiga bersaudara itu.

Pria kelahiran 1 Juli 1982 tersebut juga mau buka-bukaan tentang sosok perempuan yang diidamkan. Pasti banyak yang penasaran. Kira-kira seperti apa, Fed? ” Yang mau belajar. Karena dengan mau belajar, dia akan bisa menjadi cantik, pintar, dan hebat,” ucapnya.

Fedi juga tidak mau berhenti belajar. Seperti yang dia tuliskan dalam bio di akun miliknya, pencari ilmu sejati. ”Sebab, ketika orang berhenti belajar, dia akan mati,” ucapnya, penuh filosofi. Tahun lalu dia mendapatka­n pengalaman berharga yang punya kesan mendalam di setiap detail. Fedi didapuk untuk memandu program

yang mengulas jejak-jejak sejarah Islam dunia. ”Wah, sulit dilukiskan dengan kata-kata. Banyak sekali ilmu yang saya temukan di sana,” ungkapnya.

Berlanjut ke topik popularita­s yang menjadi ”risiko” seorang figur publik. Kata Fedi, popularita­s ibarat dua sisi mata uang. Ada sisi menyenangk­an dan yang tidak. Dimulai ketika meledak, orang sulit melepaskan tokoh Fahri dari diri Fedi. Dia dilabeli aktor religi. ”Jadi, ketika orang melihat saya melakukan sesuatu yang dianggap kurang sesuai dengan tokoh Fahri, mereka protes. di kafe dibilang pantas,” curhat aktor yang juga bermain dalam film dan itu.

Fedi tidak ingin menjadikan­nya sebagai beban. Dia menghadapi­nya dengan tenang. Namun, pernah juga dia berusaha ”menjauh” sejenak dari dampak nya film yang dimainkan dengan traveling ke luar negeri. ”Pernah satu minggu ke Jepang. Ketemu teman-teman lama,” kata dia. Lain kali perlu ditemani, Fed? (nor/c11/jan)

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? recor-
postTRAVEL­ING: Fedi Nuril sering bepergian ke banyak negara. Foto kiri, dia berada di situs perang Mut’ah. Foto bawah, Fedi di Granada, Spanyol.
sound)
sound design
ngumpulin
nggak bad boy
ngelihat
Ayat-Ayat Cinta
Tak...
RAKA DENNY/JAWA POS recor- postTRAVEL­ING: Fedi Nuril sering bepergian ke banyak negara. Foto kiri, dia berada di situs perang Mut’ah. Foto bawah, Fedi di Granada, Spanyol. sound) sound design ngumpulin nggak bad boy ngelihat Ayat-Ayat Cinta Tak...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia