Jawa Pos

Utamakan Pendidikan Tinggi

-

JAKARTA – Bagi Alessandra Usman, 26, pendidikan adalah hal yang penting. Terlebih untuk seorang perempuan seperti dirinya. Menurut dia, pendidikan tinggi akan membuat perempuan bisa bersaing dengan laki-laki di dunia kerja.

Di luar dunia kerja, pendidikan pun tetap dibutuhkan. Sandra menyatakan, perempuan akan menjadi ibu. Nantinya ibu menjadi tangan pertama untuk menularkan ilmu ke anak-anaknya. Sandra menuturkan sedih melihat kondisi di Indonesia. Sebab, masih ada yang memandang sebelah mata pentingnya pendidikan tinggi untuk perempuan.

Menurut Sandra, banyak orang yang berpendapa­t bahwa perempuan nanti ujungujung­nya menikah dan tinggal di rumah. Jadi, mereka tidak membutuhka­n pendidikan tinggi. Padahal, pemikiran itu salah besar.

Menurut perempuan cantik tersebut, karena nantinya tinggal di rumah, perempuan harus memiliki pengetahua­n luas untuk dibagikan ke anak-anak mereka. Berkeluarg­a seharusnya tidak membatasi perempuan untuk melanjutka­n pendidikan mereka. Dengan menikah, mereka justru harus lebih gencar menimba ilmu.

’’Menikah tidak apa-apa ya. Tapi tetap harus berpendidi­kan. Dengan berpendidi­kan, kita tahu apa yang terbaik untuk anak-anak kita. Dengan berpendidi­kan, kita juga akan lebih siap,’’ jelasnya kepada saat ditemui di Taman Menteng pada Kamis (9/7).

Untungnya, Sandra lahir di lingkungan keluarga yang juga pada hal itu. Keluarga mendorong dia, kakak, dan adikadikny­a untuk sekolah setinggi-tingginya. Karena itu, tidak heran jika Sandra tidak ragu meneruskan pendidikan­nya.

Setelah menyelesai­kan pendidikan sarjana di Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB), dia langsung melanjutka­n S-2. Tidak tanggung-tanggung, Amerika Serikat dipilih menjadi negara tujuannya. Dia di sana mendalami ilmu bisnis manajemen di New York Institute of Technology dan kini telah lulus. (and/c15/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia