Jawa Pos

MTN-Qhubeka Menang pada Mandela Day

Cummings Catatkan Kemenangan Perdana

-

MENDE – Masyarakat internasio­nal, khususnya Afrika Selatan, memperinga­ti Nelson Mandela Internatio­nal Day atau lebih dikenal dengan Mandela Day pada 18 Juli tiap tahunnya. Itu mengacu pada hari kelahiran tokoh anti- apartheid yang berpulang pada Desember 2013 tersebut. Di Prancis, tim asal Afsel, MTN-Qhubeka, punya persembaha­n hebat untuk memperinga­ti Mandela Day tahun ini.

Pembalap MTN-Qhubeka Steven Cummings mencatatka­n sejarah di etape ke-14 Tour de France kemarin (18/7). Dia memberikan kemenangan perdana bagi MTNQhubeka di grand tour. Cum mings memanfaatk­an kelengahan duo Prancis, Romain Bardet (AG2r-La Mondiale) dan Thibaut Pinot (FDJ), setelah tanjakan terakhir di Mende.

’’Saya bukanlah yang paling kuat di tanjakan, ada climber yang lebih baik. Saya sadar bakal sangat sulit untuk menang,’’ tutur Cummings sebagaiman­a dikutip Cyclingnew­s.

Cummings adalah bagian dari 20 pembalap yang melakukan breakaway pada awal lomba. Mereka mampu menjaga keunggulan, bahkan masih berjarak lebih lima menit dari peloton sebelum tanjakan terakhir.

Sisa satu kilometer benar-benar menjadi kunci kemenangan Cummings. Saat Pinot dan Bardet kelelahan berebut keunggulan di puncak tanjakan, Cummings menyalip mereka ketika rute memasuki jalan menurun.

Pemilik yellow jersey Chris Froome ( Team Sky) mampu melepaskan diri dari peloton. Dia bertarung ketat dengan Nairo Quintana ( Movi star). Meski akhirnya tertinggal dari Froome, Quintana naik ke posisi kedua general classifica­tion ( GC) menggeser Tejay van Garderen ( BMC).

Selain itu, Peter Sagan ( TinkoffSax­o) melanggeng­kan green jersey. Kemarin dia finis kelima. Tambah an 17 poin membuatnya nyaman di puncak points classifica­tion de ngan 322 poin.

Peluang dia untuk terus mempertaha­nkan jersey itu sangat besar, asal mampu tetap unggul di etape ke-15 hari ini yang setengah etape di akhir didominasi jalur flat. Sebab, setelah rest day kedua (Senin, 20/7), rute didominasi jalur tanjakan yang menjadi penentu GC, sebelum parade di etape terakhir. (c17/ady)

 ?? LIONEL BONAVENTUR­E/AFP PHOTO ?? CATAT SEJARAH: Selebrasi Steven Cummings setelah finis etape ke-14 kemarin.
LIONEL BONAVENTUR­E/AFP PHOTO CATAT SEJARAH: Selebrasi Steven Cummings setelah finis etape ke-14 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia