Jawa Pos

Selalu Siaga Jaga Kelancaran Lalu Lintas

Lancar sejak Mudik hingga H+1 Lebaran

-

GRESIK – Masyarakat bisa merasakan hasil kerja keras anggota Satlantas Polres Gresik. Sepanjang arus mudik Lebaran kemarin (18/7), lalu lintas tampak lancar. Kondisi itu, antara lain, terlihat di jalur pantai utara (pantura). Jalan Raya Duduksampe­yan yang selama ini terkenal rawan kecelakaan dan macet pun ternyata kondusif dan lancar. Begitu lancarnya, jalanan sampai terkesan lengang.

’’Kondisi lalu lintas yang lancar hari ini di luar yang kami perkirakan,’’ kata Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Happy Saputra kemarin.

Di Jalan Raya Duduksampe­yan, lanjut Happy, telah disiapkan sejumlah langkah rekayasa. Salah satunya sistem buka-tutup. Rekayasa lalu lintas itu dilakukan jika volume kendaraan membeludak. Indikasiny­a, panjang antrean mencapai 750 meter dari titik perempatan Duduksampe­yan.

’’Itu adalah ambang batas kepadatan. Jika itu terjadi, kami langsung melakukan bukatutup,’’ kata alumnus Akpol 2009 itu. Menurut Happy, kemarin peningkata­n volume kendaraan hanya terjadi dua kali saat pagi. Setelah itu, kondisi lalu lintas segera normal hingga sore.

Untuk memastikan keamanan, satlantas juga menyiapkan empat closed circuit television (CCTV). Pemasangan CCTV tersebut membantu petugas dalam memantau kondisi lalu lintas.

Meski situasinya kondusif, jajaran satlantas terus berjaga. Petugas tidak ingin ada kecelakaan selama arus mudik dan balik di jalur yang terkenal sebagai black spot itu. Happy menyatakan, untuk pengamanan arus Duduksampe­yan, disiapkan 50 personel setiap hari. Itu belum termasuk anggota satlantas yang bertugas di polsek-polsek jajaran. ’’Penjagaan dimaksimal­kan,” jelas Happy. (mar/c15/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia