Jawa Pos

Kembali Ledakkan 38 Kapal Pencuri Ikan

-

JAKARTA – Kementeria­n Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama TNI-AL kembali meledakkan dan menenggela­mkan 34 kapal asing pencuri ikan dan empat kapal nelayan Indonesia yang ditangkap aparat. Langkah tegas tersebut sekaligus dilakukan sebagai kado HUT Ke-70 Kemerdekaa­n RI.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Asep Burhanudin mengatakan, yang ditenggela­mkan itu merupakan tangkapan KKP (21 kapal), TNI-AL (12), dan Polri (5). Penenggela­man yang dimulai pukul 10.00 tersebut tersebar di lima lokasi. Yakni, Pontianak, Bitung, Belawan, Ranai Tarempa, dan Tarakan.

”Secara umum, pengeboman berjalan dengan lancar. Namun, di Pontianak ada kendala karena ombak yang besar sehingga agak terhambat,” ungkap Asep kepada Jawa

kemarin (18/8). KKP meledakkan 15 kapal di perairan Pontianak, 8 kapal di perairan Bitung, dan 3 kapal di perairan Belawan. Sementara itu, TNI-AL menenggela­mkan 5 kapal di perairan Ranai, 3 kapal di perairan Tarempa, dan 4 kapal di Tarakan.

Menurut Asep, tindakan itu tidak hanya memberikan efek jera, tapi juga menyelamat­kan kekayaan dan menegakkan kedaulatan negara. Sebab, hampir semua yang ditenggela­mkan merupakan kapal ikan asing (KIA). Yakni, 6 asal Thailand, 2 dari Malaysia, 11 asal Filipina, dan 15 dari Vietnam. Sisanya merupakan kapal milik nelayan Indonesia. ”Kebanyakan dari negara tetangga saja. Secara diplomasi sudah lama kami surati. Namun, ini menjadi tindakan yang nyata dari kami,” ungkapnya.

Sebelumnya, 20 kapal ditenggela­mkan KKP dan 22 kapal oleh TNI-AL dalam masa jabatan Menteri Susi Pudjiastut­i. Dengan demikian, kini total ada 80 kapal yang sudah ditenggela­mkan. (lus/c7/nw)

 ?? HARYADI/PONTIANAK POS ?? TINDAK TEGAS: Kapal asing pencuri ikan diledakkan di Perairan Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, kemarin.
Pos
HARYADI/PONTIANAK POS TINDAK TEGAS: Kapal asing pencuri ikan diledakkan di Perairan Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, kemarin. Pos

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia