Jawa Pos

Di Kuil Erawan Mereka Berdoa Minta Momongan

-

KUIL Erawan bukan objek yang asing bagi wisatawan Asia yang berkunjung ke Bangkok. Kuil mungil di sudut salah satu perempatan paling ramai di Negeri Gajah Putih itu tenar karena keunikanny­a. Yaitu, dibangun untuk memuja Dewa Brahma yang disembah umat Hindu, namun pada praktiknya justru menjadi tempat ibadah masyarakat Buddha. Tiap hari, ribuan umat Buddha berdoa di kuil tersebut.

Tidak hanya penuh sesak oleh umat Buddha yang sembahyang, kuil yang dibangun pada 1956 itu juga ramai oleh para pejalan kaki yang melintas. Maklum, Rajprasong merupakan salah satu perempatan paling ramai di ibu kota. Ribuan penduduk Bangkok melewati rute tersebut setiap pulang kerja. Pada jam-jam itu, para wisatawan juga biasanya memadati kawasan tersebut untuk kembali ke hotel atau ke mal. Kuil Erawan sebenarnya dibangun untuk mengusir roh jahat. Konon, saat proyek pembanguna­n Hotel Erawan berlangsun­g, ada banyak kendala yang merintangi. Di antaranya, para pekerja yang terluka dan tenggelamn­ya kapal pengangkut marmer untuk hotel.

’’Para pekerja proyek berkonsult­asi kepada seorang pendeta Hindu yang lantas menyaranka­n pembanguna­n kuil pada salah satu sudut lokasi proyek,’’ kata sumber The Straits Times kemarin (18/8). Karena Erawan adalah nama salah satu gajah tunggangan Dewa Indra dalam mitologi Hindu, si pendeta menyaranka­n kuil pemujaan Dewa Brahma. Brahma-lah yang bakal menunggang­i Erawan.

Percaya tidak percaya, setelah Kuil Erawan berdiri, tidak ada lagi kendala berarti yang menghambat pembanguna­n Hotel Erawan. Kisah itu pun berkembang luas dalam masyarakat Thailand. Mereka lantas mencintai kuil yang dibangun atas anjuran pendeta Hindu tersebut. Bahkan, saat Hotel Erawan diratakan dengan tanah pada 1987, Kuil Erawan dibiarkan tegak berdiri.

’’Ribuan orang berdoa di sini setiap hari. Ratarata, mereka berdoa supaya dikaruniai momongan. Tapi, ada juga yang berdoa minta keberuntun­gan. Mulai keberuntun­gan bisnis atau sekadar menang lotre,’’ lanjut sumber. Dia menambahka­n, beberapa aktor laga Asia pernah berdoa di kuil itu. Di antaranya, Aaron Kwok, Sammo Hung, dan Tony Leung. (thestraits­times/hep/c23/ami)

 ?? MARK BAKER/AP PHOTO ?? SETELAH LEDAKAN: Polisi menyelidik­i TKP di Bangkok, Thailand.
MARK BAKER/AP PHOTO SETELAH LEDAKAN: Polisi menyelidik­i TKP di Bangkok, Thailand.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia