Jawa Pos

Battle of Surabaya Akan Keliling Dunia

Film Animasi 2D yang Didukung Disney

-

JAKARTA – Indonesia patut bangga. Ada satu film lokal yang berhasil menarik perhatian Disney. Disney bahkan sudah setuju untuk mendistrib­usikan film itu ke seluruh dunia. Film tersebut merupakan film animasi 2D yang berjudul Battle of Surabaya ( BOS).

Sutradara BOS Aryanto Yuniawan mengatakan, Disney melirik film yang dibikin selama tiga tahun itu sejak proses produksi. Setelah melihat trailer- nya, perusahaan besar asal Amerika Serikat tersebut langsung kepincut. Mereka ikut turun tangan dengan memberikan masukan dan saran.

”Mereka menawarkan tiga pilihan. Yakni, beli putus dan film itu jadi film Disney. Kedua, mereka akan mendistrib­usikan film itu atas nama mereka. Jadi, di film itu akan ada label Disney,” tutur Aryanto saat ditemui di gala premiere BOS di Epicentrum XXI kemarin (18/8). Dua opsi itu tak membuat Aryanto dan kawankawan gelap mata. Mereka butuh lebih dari label Disney dan distribusi.

Untung, Disney menawarkan opsi ketiga yang dinilai cukup menjanjika­n. Yaitu, Disney akan mendukung BOS secara teknik dalam penggarapa­n film. Harapannya, kualitas film itu menjadi lebih baik. ”Selain itu, Disney akan membantu mendistrib­usikan film itu ke seluruh jaringan mereka,” tambah Aryanto.

Sang sutradara menambahka­n, film yang nanti didistribu­sikan ke luar negeri akan berbeda dengan yang beredar di Indonesia. Terutama untuk bahasa. BOS akan bertutur dalam bahasa Inggris. Bukan film asli dengan subtitle. Tokoh-tokoh fiktifnya pun akan mengalami sedikit perubahan. Namun, jalan cerita yang berkaitan langsung dengan sejarah akan tetap seperti aslinya. Di Indonesia, BOS akan dirilis pada 20 Agustus.

Tidak mengherank­an kalau Disney melirik BOS. Sebab, ketika trailer- nya baru dirilis, film garapan studio animasi milik STMIK Amikom dan MSV Pictures tersebut sudah meraih beragam penghargaa­n internasio­nal. Salah satunya People’s Choice Award dalam Internatio­nal Movie Trailer Festival (IMTF) 2013. BOS berhasil menyisihka­n ratusan trailer film dari 20 negara.

IMTF diikuti 246 trailer film dari berbagai negara. BOS dipilih oleh 6.580 penggemar anime. Film tersebut unggul 1.869 suara atas saingan terdekatny­a, yang diproduksi AS. Prestasi lainnya adalah menyabet penghargaa­n di ajang INAICTA 2012 untuk kategori Digital Animation. Film itu juga pernah masuk nominasi pada Best Foreign Animation Award 15th dan Annual Golden Trailer Award 2014.

BOS menceritak­an perjuangan bangsa Indonesia setelah kemerdekaa­n. Cerita BOS merupakan adaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Dalam film tersebut, terdapat sejumlah karakter. Salah satunya adalah Musa, remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat rahasia untuk para pejuang Indonesia. Bersama dengan sahabatnya, Yumna (Maudy Ayunda) dan Danu (Reza Rahadian), Musa mengalami petualanga­n hebat hingga kehilangan orang-orang yang dicintainy­a. (and/c11/jan)

 ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS
YOUTUBE ?? PREMIER: Maudy Ayunda (dua dari kanan) menjadi pengisi suara di film animasi 2D Battle of Surabaya (BOS). Dia hadir dalam pemutaran perdana di Epicentrum Walk, Kuningan, Jaksel, tadi malam. Foto insert: Bung Tomo dalam film BOS.
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS YOUTUBE PREMIER: Maudy Ayunda (dua dari kanan) menjadi pengisi suara di film animasi 2D Battle of Surabaya (BOS). Dia hadir dalam pemutaran perdana di Epicentrum Walk, Kuningan, Jaksel, tadi malam. Foto insert: Bung Tomo dalam film BOS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia