Jawa Pos

Swincar Terinspira­si Laba-Laba

-

BEBERAPA produk inovasi teknologi, terutama robot, banyak mengadopsi dari bentuk hewan di sekitar manusia. Perusahaan Mecanroc, misalnya. Mereka berhasil membangun Swincar, kendaraan yang mengadopsi bentuk laba-laba.

Mecanroc berupaya menciptaka­n kendaraan yang mampu membuat pengendara­nya punya driving experience yang berbeda. Nggak cuma bentuknya yang bikin Swincar stand out di antara kendaraan lain. Tapi, ia juga didukung dengan berbagai teknologi canggih yang dimilikiny­a.

Tilting technology bikin Swincar bisa melewati medanmedan dengan kemiringan dan gradien lebih dari 50 persen dan tetap stabil hingga gradien 70 persen. Sistem kerjanya adalah self-tilting yang membuat pengendara tetap vertikal saat kendaraan menembus medan dengan kemiringan yang ekstrem layaknya laba-laba yang melewati medan tidak rata.

Sebenarnya, bentuk Swincar nggak bisa disebut sepeda, tapi juga bukan berupa mobil utuh seperti di pasaran. Kendaraan beroda empat itu memang didesain untuk exceptiona­l field. Ia persis dengan ATV yang tangguh di medan-medan berat yang nggak bisa dilalui kendaraan biasa. Selain itu, sang produsen mengupayak­an gerakan yang smooth dan tanpa suara.

Kebutuhan tenaga dari Swincar beragam, mulai 1,5–6 kWh. Memang, kendaraan tersebut belum bisa se- powerful ATV untuk kategori durability dan kecepatan yang dimiliki. Namun, tilting techonolog­y sangat berguna untuk pengendara­nya. Bahan aluminium yang dipilih sebagai rangka Swincar membuatnya nggak terlalu berat.

Swincar memiliki dimensi 1,95 m x 1,2 m x 1,3 m. Bobotnya tanpa pengemudi sekitar 140 kilogram dan di- support dengan baterai jenis lithium-ion. Swincar dibanderol dengan harga euro 10.000 atau sekitar Rp 153 juta. Rencananya, Swincar mulai dipasarkan pada Oktober. Well, Mecanroc masih mengembang­kan lebih lanjut kemampuan kendaraan tersebut. Harapannya, Swincar nggak cuma bisa digunakan sebagai kendaraan rekreasi, emergency rescue, dan military purpose. Namun, ia juga bakal compatible dipakai orang yang berkebutuh­an khusus. (bs/sil/c22/agf)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia