Jawa Pos

Dua Ribu Siswa Cicipi Kuliah di UK Petra

Selama Event Petra Parade 2015, 18–21 Agustus 2015

-

UNIVERSITA­S Kristen Petra (UK Petra) kembali menghelat Petra Parade 2015. Annual event yang berlangsun­g untuk kali keenam tersebut menghadirk­an inovasi atraktif dipadu dengan nuansa art lokal unik dan merakyat.

Acara itu dibuka kemarin malam (18/8) dengan opening ceremony meriah dan atraktif. Sejumlah penampilan dikemas apik bernuansa etnik, seperti, tarian remo suroboyoan dari anakanak SDN 2 dan 3 Siwalanker­to dan peragaan busana daerah oleh 12 mahasiswa asing UKP.

Event yang mengusung tema umum Holistic Growth, Fruitful Life itu berlangsun­g empat hari mulai 18–21 Agustus 2015. Rangkaian acara dan open house dirancang spesial sehingga bermanfaat bagi masyarakat khususnya di warga sekitar kampus.

” Open house ini kami buka seluas-luasnya bagi para siswa SMA, orang tua murid, serta masyarakat luas. Sesuai lima value kami, LightInteg­rity-Growth-Humility-Truth (LIGHT) sehingga keberadaan kami semakin berbuah di tengah masyarakat dan bermanfaat bagi sesama,” papar Rektor UK Petra Prof. Rolly Intan.

Dalam Petra Parade, pengunjung khususnya siswa SMA diberi kesempatan untuk mencicipi kuliah di UK Petra dalam program Branded Schooling Experience (BSE). Layaknya kuliah regular, mereka bisa berinterak­si langsung dengan dosen di kelas bahkan laboratori­um kuliah di universita­s yang punya tujuh fakultas ini.

Tercatat, sebanyak 2 ribu siswa SMA telah mendaftar dalam program tersebut. Dibuka sebanyak 24 kelas yang terbagi dalam enam paket dan dua shift.

Seminar Parenting

Demi kepentinga­n calon mahasiswa, diadakan juga seminar parenting bagi orang tua calon mahasiswa. Rolly mengatakan, seringkali orang tua paling dominan dalam pilihan studi bagi anaknya. Padahal, tidak selalu pilihan tersebut sejalan dengan minat dan bakat yang dimiliki anak.

”Seminar parenting kami berikan agar anakanak tak lagi salah jurusan. Jadi, jangan sampai kuliah hanya satu-dua semester lalu pindah jurusan lain atau terpaksa menyelesai­kan kuliah karena menuruti orang tua,” terang Rolly.

Kompetisi Petra Olympiad

untuk Siswa SMA

Acara makin meriah dengan rangkaian kompetisi yang sudah berlangsun­g sejak kemarin. Lomba bertajuk Petra Olympiad ini mengangkat tujuh modal kecerdasan manusia (kognitif, emosi, sosial, kultur, moral, spiritual dan tingkah laku). Peserta berasal dari siswa SMA se-Jatim.

Tak hanya itu, panitia memang ingin all-out dengan menampilka­n tema eksklusif setiap hari. Hari ini misalnya, mereka menggugah semangat patriotism­e melalui giant puzzle. Juga, lomba khas kemerdekaa­n, seperti, lomba balap karung, dan bakiak yang dimodifika­si layaknya trialthon sehingga semakin seru dan menantang. Uniknya lagi, lomba giant puzzle diikuti anak-anak SD dengan media puzzle berupa biji-bijian kekayaan nusantara.

Petra Green Bazaar Di pengujung Petra Parade, 21 Agustus 2015, akan diadakan Petra Green Bazaar sekaligus mengkampay­ekan semangat ramah lingkungan. Bertempat di entrance hall UK Petra, peserta yang terdiri atas ibu rumah tangga, bunda PAUD, dan kaum hawa ini diajak menghias tote bag atau tas belanja mereka. Kemudian, mereka bisa berbelanja di booth yang tersedia.

Ada juga festival larung lampion yang mewadahi kreativita­s anak-anak maupun warga sekitar untuk menuliskan cita-cita dan impian mereka di atas lampion. Para mahasiswa asing juga siap unjuk gigi memperkena­lkan budaya daerah mereka melalui Internasio­nal Vaganza di lapangan UK Petra. (shy/xav)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia