Jawa Pos

Beri Bekal agar Siswa Sukses

-

SURABAYA – Jadi pelajar jangan hanya duduk diam di kelas. Harus ditunjukka­n kemampuann­ya. Dengan begitu, pelajar bisa mendulang prestasi yang diinginkan. Hal tersebut diungkapka­n Yosi Novla, motivator, ketika memberi materi dengan tema The Power of Dream di SMAN 16 Surabaya kemarin (18/8). ’’Jangan takut dan mudah menyerah. Kejarlah mimpimu sejak awal,’’ katanya.

Yosi lalu bercerita mengenai kisah hidupnya. Dia berasal dari keluarga yang tidak berkecukup­an saat masih kecil. Ayahnya yang hanya seorang kuli bangunan membuatnya tidak dapat meraih pendidikan yang tinggi. Kondisi yang keras pun menuntutny­a terus bekerja. ’’Toh, sekarang saya bisa dikatakan berhasil. Ini yang membuat saya jadi percaya diri dan bersemanga­t,’’ ucapnya.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan achievemen­t motivation training (AMT) yang diadakan Bunayya Foundation di SMAN 16 Surabaya. Ketua Bunayya Foundation Sudarsono menyatakan, pelatihan itu bertujuan mengajak para siswa agar lebih semangat dan percaya diri dalam menghadapi hidup. ’’Pelatihan ini sangat berguna bagi para siswa karena bisa menjadi bekal mereka saat terjun ke masyarakat kelak,’’ ungkapnya.

Pelatihan itu dikemas dengan program yang menarik untuk para siswa. Materi yang diberikan berupa pengembang­an diri, softskill, dan hardskill. Misalnya, dengan membuat small group discussion (SGD), game pengembang­an diri, dan sejenis outbound. ’’Kegiatan ini dilakukan selama empat hari. Materi yang diberikan setiap hari pun berbeda,’’ jelasnya.

Program tersebut mendapat perhatian dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dispendik Surabaya Sudarminto mengungkap­kan bahwa kegiatan tersebut positif untuk para siswa. Menurut dia, pendidikan tidak hanya memperhati­kan nilai akademis. Aspek penting lain seperti etika, budi pekerti, dan pengembang­an diri lainnya juga perlu diperhatik­an. ’’Melalui program ini, para siswa dapat belajar nilai-nilai itu. mereka juga dapat termotivas­i kesuksesan para motivator,’’ tuturnya. (ara/c20/ai)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? GUGAH SEMANGAT: Yosi Novla memberikan materi tentang pengembang­an diri di hadapan siswa SMAN 16.
ANGGER BONDAN/JAWA POS GUGAH SEMANGAT: Yosi Novla memberikan materi tentang pengembang­an diri di hadapan siswa SMAN 16.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia