Jawa Pos

TK Negeri Pembina Juara Sekolah Sehat Nasional

-

GRESIK – Kota Giri memperoleh kado istimewa bertepatan dengan momen peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaa­n RI. Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik mempersemb­ahkan gelar juara nasional untuk Lomba Sekolah Sehat (LSS) dari Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d). Bintangnya adalah TK Negeri Pembina.

TK Negeri Pembina berhasil mengunggul­i 23 TK lain seIndonesi­a. Penghargaa­n untuk taman kanak-kanan yang berlokasi di Jalan Balikpapan II, Kompleks Gresik Kota Baru (GKB), itu diterima saat malam penganuger­ahan di Depok, Jawa Barat, Minggu malam (16/8). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbu­d Hamid Muhammad menyerahka­n penghargaa­n tersebut.

’’Ini prestasi yang membanggak­an bagi Kabupaten Gresik,’’ kata Ketua Tim Penggerak PKK Gresik Maria Ulfa Sambari.

Maria menambahka­n, program sekolah sehat memang gencar dilakukan PKK Gresik. Penghargaa­n yang sama pernah diterima Gresik pada 1991. Kala itu penerimany­a SDN Petrokimia. Artinya, penghargaa­n kali ini mengulangi prestasi Gresik 24 tahun silam.

Kadispendi­k Gresik Mahin menyatakan bangga sekolah di instansiny­a terpilih sebagai juara nasional jenjang TK. Tahun depan dia menargetka­n lebih banyak sekolah yang menjuarai LSS. Mulai SD, SMP, SMA, dan SMK. Dispendik memiliki program unggulan untuk menggenjot target tersebut. ’’Kami akan melombakan di tingkat kabupaten agar setiap sekolah terpacu,’’ tuturnya.

TK Negeri Pembina pantas terpilih sebagai sekolah terbaik di ajang LSS. Lingkungan sekolah seluas 2.500 meter persegi itu mempunyai lingkungan yang asri. Tamannya luas, lengkap dengan arena bermain siswa. Sekolah juga memiliki kolam renang, area promosi kesehatan, hingga green house. Areal taman ditumbuhi beraneka ragam tanaman obat keluarga atau toga.

Kepala TK Negeri Pembina Tuntiyah Yahya menuturkan, para pengajar memperkena­lkan toga ke murid. Kini setiap siswa tahu jenis toga satu per satu. ’’Agar anak-anak tahu manfaat toga sejak dini,’’ kata Tuntiyah. (mar/c15/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia