Jawa Pos

Gran Fondo Jawa Pos Start Pagi Ini!

-

SURABAYA – Gran Fondo Jawa Pos (GFJP) East Java 2015 start pagi ini (22/8). Sebanyak 322 cyclist dari 15 negara akan mulai mengayuh pedal sepeda mereka sejak pukul 07.00 dari Mapolda Jawa Timur. Mereka bakal menempuh jarak 330 km selama dua hari mulai Surabaya sampai Telaga Sarangan, Magetan.

Antusiasme sangat terlihat kemarin

Sejumlah cyclist begitu bersema ngat untuk memulai perjalanan hari pertama sejauh 186,3 kilometer.

’’Ini kali pertama saya ikut event sepeda yang digelar Jawa Pos Cycling. Banyak kawan yang bilang selalu bagus dan menarik, makanya saya sudah tidak sabar!’’ ucap cyclist asal Jerman Dirk Lembens.

’’Sudah dua tahun saya hobi bersepeda. Saya tertarik ikut karena rute dalam event kali ini menarik dan cukup menantang,’’ imbuh Einar Larsen, peserta asal Norwegia.

Hari pertama memang terlihat ringan bagi yang sudah berlevel medium atau advanced. Peserta akan diuji dengan jalanan datar, terutama dari Surabaya sampai Pare yang berjarak 111,5 kilometer.

Apalagi di pos pertama, Pemkot Kediri memberikan suguhan yang sangat menarik. Cyclist diajak bersenang-senang menikmati permainan khas 17 Agustusan.

Kebetulan, GFJP bertepatan dengan Hari Jadi Ke-1.136 Kota Kediri. Festival kebudayaan di Gua Selomangle­ng pada malamnya bisa menjadi alternatif hiburan, terutama bagi cyclist asing.

’’Kami pun telah menyiapkan moda transporta­si berupa bus milik pemkot dari hotel peserta ke Selomangle­ng. Hanya 15 menit perjalanan dari hotel,’’ kata Kabaghumas Kota Kediri Wahyu Kusuma.

Meski fun pada hari pertama, cyclist asal Singapura Liow Wung Weoi tidak mau tanggung-tanggung. Dia menyiapkan wheel set untuk GFJP. Sebab, pada hari pertama, terutama pada 7 kilometer terakhir, rute mulai menanjak.

’’Semua sudah siap. Tinggal me- nunggu tanggal mainnya,’’ tegas pesepeda yang baru pertama ikut event bersepeda jarak jauh di Indonesia tersebut.

Ada pula peserta yang tertarik mengikuti event itu karena percaya dengan brand Jawa Pos Cycling. ’’ Event yang digelar Jawa Pos sangat bagus dan well prepared. Karena itu, saya selalu ikut event yang digelar Jawa Pos,’’ ucap cyclist perempuan asal Singapura, Susan Tan.

Setelah mempersiap­kan sepeda, para cyclist menuju Gedung Grahadi untuk mengikuti gala dinner. Acara tersebut sekaligus menjadi technical meeting (TM).

Pada TM kali ini, yang menjadi pembicara adalah Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Azrul Ananda, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf.

Dalam sambutanny­a, Gus Ipul –panggilan Saifullah Yusuf– me- nyatakan sangat terbantu oleh ajang-ajang yang digelar Jawa Pos Cycling. ’’Ini adalah promosi daerah. Juga, mendorong tumbuhnya industri kreatif di kawasan yang dilalui Gran Fondo,’’ terang pejabat kelahiran Pasuruan tersebut.

Kapolda Jatim Anas Yusuf menegaskan siap mengawal peserta. ’’Sudah berkali-kali Jatim menjadi host. Semoga jarak 330 km terasa 33 km karena suasana yang cukup bagus. Sudah menjadi kewajiban kami untuk mengawal dan bertanggun­g jawab atas keamanan peserta,’’ katanya.

Tak lupa, Azrul Ananda menyampaik­an terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung GFJP. ’’Tanpa dukungan pemerintah, sponsor, dan kepolisian, mungkin acara ini tidak bisa terlaksana. Terima kasih untuk peserta yang telah berpartisi­pasi,’’ ujar Azrul. (mat/nes/c5/ano/nur)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? ANTUSIAS: Cyclist asal Jerman Dirk Lembens mempersiap­kan sepedanya di Hotel Pullman Surabaya kemarin (foto kiri). Suasana technical meeting Gran Fondo Jawa Pos yang berlangsun­g di Gedung Grahadi Surabaya tadi malam.
WAHYUDIN/JAWA POS ANTUSIAS: Cyclist asal Jerman Dirk Lembens mempersiap­kan sepedanya di Hotel Pullman Surabaya kemarin (foto kiri). Suasana technical meeting Gran Fondo Jawa Pos yang berlangsun­g di Gedung Grahadi Surabaya tadi malam.
 ?? GALIHCOKRO/JAWA POS ??
GALIHCOKRO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia