Jawa Pos

Mentan Jamin Stok dan Harga Daging Sapi Aman

-

JAKARTA – Pemerintah menjamin harga dan stok daging sapi akan stabil di pasaran. Hal itu merupakan kesepakata­n dalam pembicaraa­n antara Kementeria­n Pertanian dan pengusaha sentra penggemuka­n sapi ( feedloter).

’’Harga stabil dan stok aman. Masyarakat harus tenang untuk ketersedia­an daging sapi. Sudah kami komunikasi­kan ke lapangan,’’ ungkap Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Jakarta kemarin (21/8).

Dia menyatakan, harga sapi bobot hidup di tingkat feedloter tidak boleh lebih dari Rp 38.000 per kilogram. Sebelumnya, harga tersebut Rp 45.000 per kilogram. Dengan demikian, harga daging di pasaran nanti bisa turun sampai kurang dari Rp 100 ribu per kilogram.

Hingga saat ini, stok sapi nasional mencapai 198.000 ekor di tempat penggemuka­n. Misalnya, di Banten yang memiliki 21 ribu ekor, sebanyak 4 ribu ekor di antaranya sudah siap potong. ’’Cukup lah hingga empat bulan ke depan,’’ ujarnya.

Amran juga menjelaska­n, pihaknya belum merencanak­an penambahan alokasi izin impor sapi bakalan pada triwulan III 2015 sebanyak 50 ribu ekor. Namun, pemerintah memang berencana membuka izin impor 200 ribu–300 ribu ekor sapi pada triwulan IV 2015 untuk kebutuhan triwulan I 2016.

Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Daging dan Feedloter Indonesia (Apfindo) Joni Liano mengungkap­kan, terkait dengan kebijakan tersebut, ada kemungkina­n para pelaku usaha feedloter akan mengalami kerugian. ’’Masih kami hitung-hitung harga idealnya. Ya, kami mau rugi dulu lah,’’ imbuhnya.

Joni berjanji mendukung upaya pemerintah untuk menurunkan harga daging di pasaran, meski harus memotong keuntungan. ’’Supaya stabil terkait dengan harga sapi dan margin-margin dari tata niaga itu. Kebijakan tersebut tetap kami dukung, bagaimana upaya menstabili­sasi harga di pasar,’’ ujarnya.

Amran mengancam para feedloter yang terlibat dalam kartel daging sapi. ’’Tidak akan mendapat rekomendas­i impor sapi,’’ ucapnya. (lus/c5/nw)

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? AMANKAN PASOKAN DAGING: Joni Liano (kiri) dan Amran Sulaiman (tengah) di Jakarta kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS AMANKAN PASOKAN DAGING: Joni Liano (kiri) dan Amran Sulaiman (tengah) di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia