Jawa Pos

SUV Bersiap Salip MPV

Sesuai Karakter Nonsedan Oriented

-

JAKARTA – Kendaraan berjenis multi purpose vehicle (MPV) memang masih merajai pasar otomotif roda empat di Indonesia. Namun, permintaan terhadap kendaraan sport utility vehicle (SUV) belakangan mulai merangkak naik. Ujung-ujungnya, setiap produsen berlomba menjejali pasar dengan ragam jenis mobil tinggi dan terkesan macho tersebut.

Tingginya pasar SUV tidak terlepas dari karakter konsumen Indonesia yang nonsedan oriented. Apalagi, fungsi MPV dan SUV boleh dibilang mirip. Punya kapasitas penumpang yang banyak, irit bahan bakar, dan multifungs­i. Tidak sedikit SUV di Indonesia yang sudah disesuaika­n dengan menyediaka­n tiga baris kursi.

Jadi, SUV bisa mengangkut sampai tujuh penumpang. Selain itu, dari sisi efisiensi bahan bakar, banyak pilihan SUV dalam negeri untuk kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc ( small SUV). Karena itu, banyak yang menjadikan SUV sebagai kendaraan pertama.

Presiden Direktur PT General Motors (GM) Indonesia Gaurav Gupta menuturkan, di pasar otomotif Indonesia, small SUV menempati urutan ketiga tertinggi di kategori kendaraan penumpang.

Tidak mau ketinggala­n, GM lantas menghadirk­an Chevrolet Trax untuk masuk di pasar tersebut. Line-up terbarunya itu berkapasit­as mesin 1.400 cc turbocharg­er. Persaingan berpotensi kian ketat karena sebelumnya ada para jawara di kelasnya seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Lantas, hadir beberapa pendatang baru seperti Ford EcoSport, Honda HR-V, Mitsubishi Outlander, dan Nissan Juke. Meski industri otomotif di Indonesia tahun ini mengalami penurunan bila dibandingk­an dengan tahun lalu, small SUV tetap tumbuh. ’’Kami yakin, inilah waktu yang tepat untuk memperkena­lkan Trax,’’ kata Gaurav kemarin (21/8).

Penjualan small SUV di Indonesia terus meningkat karena berbagai keunggulan ditawarkan. Mulai fungsi yang tetap cocok sebagai kendaraan aktivitas harian dan keluarga, tampilan gagah dan tinggi sehingga sesuai di berbagaig medan, , sampaip tetapp efisien bahan bakar.

Semaraknya produksi dan penjualan small SUV akan memperbesa­r pasar di mobil kapasitas mesin 1.500 cc. Berdasar data Gaikindo, per semester pertama 2015, pasar mobil kurang dari 1.500 cc (tipe 4x2), baik itu MPV, SUV, maupun city car, secara total mencapai 224.648 unit. Dari sisi produksi (khusus diproduksi di Indonesia), ada 226.241 unit.

Tumbuhnya pasar small SUV tidak terlepas dari terus naik kelasnya SUV pendahulu yang kini menghuni segmen medium SUV. Nama-nama besar seperti Honda CR-V, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan X-Trail, atau Grand Vitara kini berada jauh di atas small SUV dari sisi harga dan kapasitas mesin.

Atas dasar itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak ingin ketinggala­n untuk tetap menjadi pemain utama di pasar SUV, terutama small SUV, dengan merilis HR-V. Kini dihadirkan lagi turunannya, Honda BR-V. ’’Honda BR-V merupakan crossover SUV dan MPV dengan 7- seater,’’ jelas President Director PT Honda Prospectp Motor (HPM)( ) Tomoki Uchida. (gen/dim/c14/tia)

 ?? RAKA DENNY/JAWAPOS ?? SERBABISA: General Motors (GM) menghadirk­an Chevrolet Trax.
RAKA DENNY/JAWAPOS SERBABISA: General Motors (GM) menghadirk­an Chevrolet Trax.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia