Jawa Pos

Fantastis! Akik Seharga Rp 3,5 M

-

HARGA salah satu batu mulia yang dipamerkan di Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (18/8) bikin geleng-geleng kepala. Betapa tidak, harga akik bercorak bulu ayam itu ditawarkan dengan harga selangit, yakni Rp 3,5 miliar.

Batu tersebut merupakan milik Dede Melvin Katopo. Yang membuatnya mahal, motif bulu ayam itu menyerupai lafaz Allah. Batu tersebut berkali-kali dinobatkan sebagai juara kontes batu kategori kaligrafi. Pendek kata, jenis batu itu memang langka.

Dede menceritak­an, batu tersebut awalnya tidak bernilai. Namun, sejak menjadi juara ke-5 nasional, batu bercorak itu menjadi luar biasa.

’’Saat itu ikut kontes di Cirebon pada Januari lalu. Di antara 3.000 peserta dari berbagai penjuru dan 7.000 batu se-Indonesia, batu saya dinobatkan menjadi pemenang. Sejak saat itu nilainya menjadi tinggi dari sebelumnya,’’ ujarnya.

Sejak menang kontes, lanjut Dede, batu tersebut ditawar banyak orang. Harganya mulai puluhan juta, lalu naik ratusan juta rupiah. ’’Saya pun tak ragu menawarkan miliaran (rupiah),’’ ungkapnya. Selain menang kontes, yang membuat harga akik tersebut melejit adalah sertifikat yang menandakan keaslian batu tersebut.

Batu berlafaz Allah itu, lanjut Dede, kali pertama ditemukan di salah satu kota di Pulau Jawa pada 2012. Saat itu dia melakukan touring dengan teman-teman klub motor Tiger. Karena hobi, saat melihat batu bercorak indah, Dede pun tertarik. Apalagi, batu akik tersebut berlafaz Allah. ’’Saya langsung melakukan barter dengan barang bawaannya’’ jelasnya.

 ?? SUTHA MAMOTO/MANADO POST ?? SUPERMAHAL: Batu milik Dede Melvin ditunjukka­n bersama sertifikat dalam pameran di Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (19/8).
SUTHA MAMOTO/MANADO POST SUPERMAHAL: Batu milik Dede Melvin ditunjukka­n bersama sertifikat dalam pameran di Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (19/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia