Jawa Pos

Pasangan Profesor-Kasek Siap Bersaing

-

PONOROGO – Peluang pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Ponorogo diikuti empat pasangan calon (paslon) semakin terbuka. Itu menyusul keputusan KPUD setempat yang menyatakan bukti dukungan paslon dari jalur perseorang­an, MisrantoIs­nen Priyanto, sudah lebih dari cukup.

Pasangan berlatar belakang profesor dan kepala sekolah (Kasek) itu mampu menyetor 14.498 dokumen dukungan sah dari kekurangan 8.652 yang diminta KPUD. ’’Pada tahap pertama, jumlah dukungan yang lolos verifikasi mencapai 59.470 dokumen. Kalau ditambah hasil verifikasi tahap kedua, jumlahnya sudah melebihi dukungan mi- nimal 68.122 dengan sebaran cukup,’’ terang Ketua KPUD Ponorogo Moh. Ikwanudin Alfianto kemarin (21/8).

Syarat dukungan minimal sebesar 68.122 mengacu Peraturan KPU 9/2015 tentang Pencalonan yang mensyaratk­an dukungan calon independen minimal 7,5 persen dari total penduduk. Jumlah penduduk Ponorogo tercatat 908.289 jiwa. ’’Kalau hitung-hitungan kami, jumlah dukungan yang diserahkan calon independen sudah memenuhi batas minimal. Kalau diakumulas­ikan, totalnya 73.968 dukungan,’’ imbuh Ikhwanudin.

Selain pasangan Misranto-Isnen, tiga calon peserta pilkada lainnya adalah Sugiri Sancoko- Sukirno yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PKS, dan Hanura; Ipong Muchlisson­iSoedjarno (Gerindra, PAN, Nasdem); serta Amin-Agus Widodo (PKB dan PDIP).

Sementara itu, Misranto mengaku lega dengan jumlah dukungan pencalonan­nya yang sudah memenuhi syarat. Meski, sebenarnya jumlah total dukungan itu meleset dari target yang dicanangka­n. Saat masa perbaikan, dirinya berharap dokumen dukungan yang lolos verifikasi mencapai 28 ribu dari total 30.700 yang disetor ke KPUD. ’’ Ternyata hanya separo. Tapi, saya sejak awal sudah yakin lolos,’’ katanya. ( aan/hw/c17/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia