Jawa Pos

Satu Pasangan Calon Dua Walpri

-

BLITAR – Simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) semakin sering dijumpai. Kemarin (21/8) giliran Polisi Resor (Polres) Blitar yang melakukan latihan pengamanan untuk menghadapi hajatan politik pada 9 Desember mendatang.

Dalam simulasi kemarin, diskenario­kan adanya kelompok yang ingin mengacauka­n pelaksanaa­n pilkada. Sempat terjadi aksi kejar serta baku tembak antara polisi dan perusuh di Jalan Merdeka, tepatnya depan kantor wali kota Blitar. Berkat kesigapan aparat, para pelaku berhasil dibekuk.

Kasubbaghu­mas AKP Glengsong Trianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk persiapan untuk mengamanka­n pemilihan wali kota (pilwali) Blitar. ”Sebelum pelaksanaa­n pilwali dimulai, kami menggelar latihan pengamanan untuk mengantisi­pasi gangguan saat gelaran pilwali,” ungkapnya.

Simulasi dilaksanak­an selama dua hari, mulai Kamis (20/8) hingga Jumat (21/8), dengan materi yang berbeda. Pada hari pertama, simulasi pengamanan bertujuan mencegah amuk massa. Lalu, pada hari kedua, simulasi dilakukan untuk mencegah kelompok pengacau melakukan teror. ”Hari kedua, simulasi kami fokuskan pada pengejaran kelompok pengacau keamanan,” terangnya.

Menurut dia, polisi akan mengamanka­n pilwali secara menyeluruh. Mulai pe- laksanaan kampanye, pengawalan logistik, pemungutan dan penghitung­an suara, hingga penetapan hasil oleh KPU. ”Polisi akan mem- back up penuh keamanan hingga pilwali usai,” terang dia.

Bukan hanya itu, lanjut dia, polisi juga akan memberikan pengamanan kepada paslon. Rencananya, tiap paslon diberi dua personel polisi yang didapuk sebagai pengawal pribadi (walpri). ”Khusus untuk keamanan paslon, kami akan back up 24 jam,” katanya.

Dalam pilwali Blitar, akan ada dua paslon yang berkompeti­si. Yakni, Samanhudi Anwar (petahana bupati)Santoso serta Mochsin-Dwi Sumardiant­o. ( ful/ziz/c11/fal)

 ?? JAWA POS RADAR BLITAR ?? ANTISIPASI RUSUH: Pasukan dalmas melindungi diri dengan tameng saat simulasi pengamanan di Blitar kemarin.
JAWA POS RADAR BLITAR ANTISIPASI RUSUH: Pasukan dalmas melindungi diri dengan tameng saat simulasi pengamanan di Blitar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia