Jawa Pos

Jangan Mimpi Bikin Kejutan Lagi

-

BILBAO – Trauma masih dirasakan penggawa Barcelona menjelang laga perdana Primera Division musim 2015–2016. Sebab, mereka harus melawat ke San Mames untuk menghadapi Athletic Bilbao besok malam (23/8). Di San Mames itulah, pekan lalu (15/8) Barcelona dibantai Bilbao dengan skor telak 4-0! Kekalahan itu membuat Barca –julukan Barcelona– harus melepas trofi Piala Super Spanyol.

Tapi, kabar positif berembus dari ajang Europa League. Bilbao yang kemarin tampil di partai playoff dipaksa menelan kekalahan 2-3 dari tuan rumah MK Zilina. Tak hanya kalah 2-3, Bilbao juga terancam kehilangan salah seorang penyerang mudanya, Inaki Williams. Inaki mengalami cedera hamstring.

Nah, hasil di Europa League jadi peluang bagi Barca untuk balik membantai Bilbao di San Mames. Sebab, menurut kolumnis AS Nika Cuenca, kekuatan Bilbao saat ini tak akan sesolid saat mereka tampil di Piala Super Spanyol. Faktor kelelahan akan menghantui anak asuh Ernesto Valverde tersebut. Sebab, mereka tak cukup waktu untuk memulihkan kondisi setelah pulang dari Slovakia. Faktor kelelahan pula yang membuat Bilbao tak maksimal di kandang Zilina. Mereka hanya tampil garang selama 45 menit babak pertama.

Ya, pada babak pertama, Bilbao sempat unggul 2-0 lewat gol Sabin Moreno pada menit ke-16, lalu diakumulas­ikan via gol dari Kike Sola pada menit ke-33. Namun, pada babak kedua, stamina Bilbao mulai kedodoran. Hal itu dimanfaatk­an Zilina untuk menggempur pertahanan tim dari kawasan Basque tersebut. Tiga gol langsung bersarang di gawang Bilbao pada babak kedua lewat Jakub Paur (66’) dan William (77’ dan 90+4’).

Meski kalah di leg pertama playoff Europa League, Valverde optimistis bisa membalas di leg kedua pada 27 Agustus mendatang. Valverde menegaskan, hasil di Europa League tak me me ngaruhi persiapan timnya melawan Barca.

’’Semangat tinggi pascajuara masih menghingga­pi kami, tapi itu sudah berlalu. Sudahi pesta ini dan fokus untuk laga Primera Division,’’ ujar Valverde kepada Marca.

’’Untuk menyentuh langit yang lebih tinggi, kami harus kembali turun ke bumi. Biarkan pesta juara kemarin hanya menjadi bekal positif semata,’’ lanjutnya.

Barca sendiri sangat antusias menyongson­g laga perdana musim ini. Kepada Associated Press, gelandang Barca Andres Iniesta menegaskan, dirinya dan rekan-rekan sudah melupakan kekalahan di Piala Super Spanyol. ’’Kami cuma kehilangan satu gelar, mengapa harus disesali? Tidak ada yang lelah, tidak ada juga yang sakit hati. Sekarang saatnya membalas di liga,’’ koar Iniesta. (ren/c17/bas)

 ?? JAKUB GAVLAK/EPA ?? ANCAMAN KELELAHAN: Bomber Athletic Bilbao Kike Sola (kanan) berebut bola dengan bek MSK Zilina
Denis Vavro.
JAKUB GAVLAK/EPA ANCAMAN KELELAHAN: Bomber Athletic Bilbao Kike Sola (kanan) berebut bola dengan bek MSK Zilina Denis Vavro.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia