Jawa Pos

Menunggu Ledakan Amunisi Baru

-

VERONA – Seydou Keita pernah mengatakan bahwa kekuatan Juventus belum tereduksi pada musim ini. Meski telah kehilangan Andrea Pirlo, Carlos Tevez, dan Arturo Vidal, Si Nyonya Tua –julukan Juventus– masih punya kans meraih scudetto untuk kali kelima secara beruntun. Namun, jika ada tim yang bisa menjegal Juve, gelandang 35 tahun itu percaya bahwa tim tersebut adalah AS Roma!

Keyakinan itu bukannya tanpa alasan. Roma sudah melakukan banyak gebrakan pada bursa transfer musim panas ini. Tiga amunisi baru berhasil didatangka­n tim asuhan Rudi Garcia tersebut. Mereka adalah Edin Dzeko (Manchester City), Mohamed Salah (Chelsea), dan kiper Wojciech Szczesny (Arsenal). ’’Musim lalu kami terkendala di paro kedua dengan berlangsun­gnya Piala Afrika. Bukan alasan memang. Namun, tim ini belum mencapai potensi maksimalny­a,’’ terang Keyta kepada Football Italia.

Ujian awal yang dihadapi Roma pada pekan perdana Serie A malam nanti juga tak terlalu berat. Mereka akan melawat ke Stadion Marc Antonio Bentegodi menghadapi Hellas Verona ( tayangan langsung beIN Sports 2 pukul 23.00 WIB). B).

Rekor pertemuanr­temuan membuatFra­n- Fran- cesco Totti dkk bisa lebih percaya diri. Selama 19 tahun terakhir, Verona tak pernah bisa menundukka­n Serigala Roma –julukan AS Roma– di Bentegodi. Memang, musim lalu mereka nyaris tumbang sebelum Ashley Cole berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-68. Meski begitu, sulit rasanya membayangk­an AS Roma bakal tergelinci­r.

Alasannya? Apa lagi kalau bukan hadirnya amunisi baru di kubu diboyong dari City bisa menjadi solusi lini depan Roma. Kehadiran Salah juga bakal menutupi kelemahan Roma di sektor sayap. ’’Saya datang ke sini untuk meraih gelar. Kami akan bertarung habis-habisan di lapangan. Hanya itu yang bisa membuat kami mendapatka­n apa yang kami inginkan,’’ terang Dzeko.

Dzeko merupakan tipikal striker yang dibutuhkan Roma. Musim lalu, mengandalk­an pergerakan di sisi sayap, Roma selalu sulit menghadapi tim yang memiliki garis pertahanan begitu dalam. Itu yang diperagaka­n Verona saat berhadapan dengan Roma musim lalu.

Di sisi lain, dengan tidak adanya perubahan berarti di skuad Verona, sangat mungkin pelatih Andrea Mandorlini menerapkan strategi yang sama dengan musim lalu. Nah, Dzeko bisa merusak strategi tersebut. Dzeko adalah striker dengan kemampuan duel udara yang bagus. Itu jadi pembeda dibanding skuad Roma musim lalu.

Keberadaan kompatriot senegarany­a, Miralem Pjanic, di Roma juga bisa membuat Dzeko cepat beradaptas­i. ’’Kemampuan yang dimiliki Dzeko bakal membuat tim ini lebih baik dibandingk­an musim lalu. Dia memiliki kemampuan untuk menguasai area penalti,’’ terang Francesco Totti, kapten Roma.

Sementara itu, bek Verona Rafael Marquez masih yakin timnya berpeluang mengakhiri kutukan sepanjang 19 tahun itu. ’’ Lini depan Roma sangat berkualita­s. Untuk itu, kami harus paham betul kapan saatn nya melakukan serangan dan bagaimana car cara bertahan,’’ tegas Marquez Marquez. (rif/

c17/ba c17/bas)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia